Cara Menjadi Agen Properti Profesional Bagi Pemula

iki

Agen properti adalah orang-orang yang bekerja untuk broker untuk mencari listing dan menjual properti. Agen properti bertugas memasarkan tanah atau bangunan seperti rumah, perumahan, ruko, apartemen, dan lain-lain milik orang lain. Biasanya mereka juga disebut sebagai makelar. Seorang agen properti akan menghubungkan antara pemilik dan properti dan pembeli hingga tercapai kesepakatan harga antara kedua belah pihak.

Banyak yang tertarik untuk menjadi agen properti. Karena selain minim modal (atau bahkan tanpa modal sekalipun), menjadi agen properti juga bisa dilakukan oleh siapa saja, asal ada niat dan tekun menjalankannya. Menjadi agen properti memang bisa dibilang gampang-gampang susah, namun hasil yang akan didapat lumayan banyak. Komisi yang akan didapatkan oleh seorang agen properti biasanya adalah sebesar 2% dari harga jual properti. Misalnya jika Anda mampu menjual rumah seharga 500 juta, maka komisi yang akan Anda dapatkan adalah 10 juta. Lumayan bukan? Bagaimana jika Anda menjual rumah seharga 1 milyar? Wah, pasti komisi yang akan Anda dapatkan juga lebih banyak.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang agen properti, berikut kami paparkan beberapa cara menjadi agen properti.

  • Tentukan apakah Anda ingin menjadi agen properti perorangan atau tergabung dalam sebuah agensi properti.

  1. Jika Anda ingin menjadi agen properti perorangan, Anda bisa memulainya dengan mencari rumah yang dijual dan menawarkan diri kepada pemilik rumah untuk menjadi makelar atau agen untuk rumah yang dijual tersebut. Lakukan kesepakatan dengan pemilik rumah terkait harga jual rumah dan komisi yang akan Anda dapatkan jika Anda mampu mendapatkan pembeli untuk rumah tersebut. Jika sudah deal, Anda bisa memulai untuk mengiklankan rumah tersebut di media sosial maupun di koran dan menawarkannya kepada calon pembeli. Dan jika rumah tersebut terjual, maka Anda akan langsung mendapatkan komisi.

  2. Jika Anda ingin terlihat seperti agen properti profesional, Anda bisa bergabung dengan agensi properti/broker yang mempunyai reputasi yang bagus. Anda tidak perlu membuat agensi properti sendiri karena pasti membutuhkan modal yang tidak sedikit. Setelah Anda bergabung menjadi bagian dari agensi properti tersebut, Anda bisa mulai mengiklankan, menawarkan, dan mencari calon pembeli untuk rumah, perumahan, ruko, atau apartemen milik orang lain. Jika Anda mampu mencapai target penjualan, bisa jadi Anda tidak hanya digaji tapi juga mendapat bonus dari agensi properti tersebut. Keuntungan menjadi bagian dari agensi properti adalah Anda akan lebih dipercaya karena agensi properti pastilah sudah mempunyai lisensi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman sehingga apabila suatu ketika Anda ingin membangun agensi properti sendiri, Anda sudah memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman yang cukup.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menjadi agen properti? Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Sebagai independen agent, saat bernegosiasi dgn pemilik rumah, apakah diperlukan perjanjian di atas materai?

Leave a Reply

Required fields are marked*