7 Kota di Indonesia Dengan Harga Tanah Termahal

11

Tanah merupakan salah satu properti yang bisa dijadikan sebagai investasi untuk masa depan. Selain bisa digunakan untuk lahan membangun rumah atau bangunan lainnya, rumah bisa juga digunakan sebagai lahan pertanian, perkebunan, maupun peternakan. Karena banyak dibutuhkan orang, tidak heran jika harga tanah lumayan cepat mengalami fluktuasi setiap tahunnya dibandingkan dengan produk investasi lainnya. Selain itu, harga tanah juga dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih suka melakukan bisnis di bidang investasi tanah karena untungnya yang lumayan besar.

Kebutuhan akan tanah yang semakin meningkat menyebabkan harga tanah di beberapa kota di Indonesia lebih mahal daripada di kota-kota lainnya. Terutama di ibukota besar yang lahannya semakin sempit akibat banyak dibangunnya gedung-gedung perusahaan dan pabrik. Selain itu, pertumbuhan ekonomi di beberapa kota ini juga mempengaruhi harga tanah karena berkembangnya industri yang menyebabkan kebutuhan akan lahan tanah menjadi semakin besar. Berikut 7 kota di Indonesia yang mempunyai harga tanah termahal.

  1. Jakarta

Tidak heran jika kota Jakarta menempati posisi pertama harga tanah termahal di Indonesia. Selain menjadi pusat pemerintahan, kota ini juga menjadi pusat bisnis dan tempat ideal untuk dihuni. Sebagai ibukota negara Indonesia, sudah pasti pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Jakarta sangatlah cepat sehingga menyebabkan lahan tanah disini menjadi sangat mahal. Harga tanah di Jakarta rata-rata 24,6 juta per m2, dengan fluktuasi 13% per tahun. Harga tanah paling mahal di Ibukota Jakarta adalah di Jakarta Pusat dengan nilai 25 juta per m2. Sedangkan paling murah di Jakarta Timur dengan harga rata-rata 5,3 juta per m2.

  1. Surabaya

Selain Jakarta, Surabaya juga merupakan kota paling sibuk di Indonesia. Ibukota Provinsi Jawa Timur ini menyandang peringkat kedua sebagai kota dengan harga tanah termahal di Indonesia. Hal ini tidak lain karena perkembangan industri di kota ini juga lumayan pesat. Harga tanah di Kota Surabaya bisa mencapai 21 juta per m2 dengan fluktuasi per tahunnya sebesar 8%.

  1. Manado

Meskipun jauh dari pusat pemerintahan, ternyata harga tanah di Manado juga termasuk yang paling mahal di Indonesia. Harga tanah di Kota Manado adalah 16 juta per m2. Mahalnya harga tanah di Manado membuat kota ini mendapatkan posisi ketiga sebagai kota dengan harga tanah paling mahal di Indonesia.

  1. Tangerang

Posisi keempat ditempati oleh kota Tangerang. Mudahnya akses dan kenyamanan di kota ini menjadikan Tangerang sebagai tempat hunian idaman sehingga harga tanah di kota ini cukup mahal. Harga tanah di Kota Tangerang bernilai 15,9 juta per m2, dengan nilai fluktuasi 10% tiap tahun.

  1. Depok

Di posisi kelima ada kota Depok. Harga tanah di kota ini mencapai 15,2 juta per m2 dan fluktuasinya sebesar 8% per tahun.

  1. Semarang

Kota Semarang juga memiliki harga tanah termahal di Indonesia. Harga tanah di kota Semarang bernilai 14,8 juta per m2. Nilai fluktuasinya cukup besar yaitu 15% per tahun.

  1. Bekasi

Karena masuk dalam wilayah Jabodetabek, kota Bekasi sudah pasti termasuk dalam kota dengan harga tanah termahal di Indonesia. Selain itu, di kota ini menjadi tempatnya tumbuhnya industri. Pabrik-pabrik banyak yang dibangun di kota ini sehingga harga tanahnya menjadi lumayan mahal, yaitu 14,2 juta per m2 dan fluktuasinya sebsar 8 % per tahun.

Itu dia daftar 7 kota dengan harga tanah termahal di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi informasi penting bagi Anda, terutama yang ingin membeli tanah di kota besar. Sekian.

Leave a Reply

Required fields are marked*