7 Keuntungan Beli Rumah Dengan Sistem KPR

Market.yukbisnisproperti.org (17)

Banyak cara yang bisa dilakukan saat ingin membeli sebuah rumah. Salah satunya adalah dengan cara kredit. Membeli rumah dengan cara kontan mungkin lebih mudah namun biasanya tidak semua orang mampu membeli secara kontan karena membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Bagi yang ingin membeli rumah tanpa harus memiliki banyak uang, tidak sedikit orang yang membeli rumah dengan cara mencicil, yaitu dengan sistem KPR. KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah adalah sistem kredit dalam pembelian rumah yang dilakukan dengan cara membayar cicilan atau angsuran sebesar berapa persen dari gaji bulanan. Membeli rumah dengan sistem KPR memang tidak membutuhkan uang angsuran sebanyak saat membeli kontan. Meskipun ada juga yang menganggap bahwa membeli rumah dengan sistem ini terkesan memaksakan diri untuk membeli sesuatu di luar kemampuan kita, akan tetapi membeli rumah dengan sistem KPR ternyata memberikan Anda banyak keuntungan. Berikut 7 keuntungan membeli rumah dengan sistem KPR:

  1. Biaya Awal yang Dikeluarkan Tidak Besar

Harga rumah di kota besar saat ini berkisar antara ratusan juta hingga milyaran rupiah. Tentu tidak semua orang memiliki uang siap pakai sebanyak itu. Untuk itu, bagi yang ingin membeli rumah secara tunai pastilah membutuhkan biaya awal yang sangat besar. Namun jika membeli rumah dengan sistem KPR, biaya awal yang dikeluarkan tidak akan terlalu besar. Hanya dengan memenuhi seluruh persyaratan kredit KPR dan membayar uang muka sesuai dengan kemampuan, maka rumah tersebut sudah bisa menjadi milik Anda.

  1. Rumah Bisa Ditempati Meskipun Belum Lunas

Setelah seluruh persyaratan dan uang muka untuk kredit KPR telah selesai diproses, rumah yang Anda beli bisa langsung ditempati meskipun cicilannya belum lunas. Berbeda dengan membeli rumah tanpa sistem KPR, Anda baru bisa menghuni rumah apabila pembayarannya sudah lunas. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan terutama bagi Anda yang sudah terdesak keadaan untuk segera memiliki sebuah rumah.

 

  1. Legalitas Rumah Terjamin

Dengan membeli rumah melalui KPR, Anda tidak perlu khawatir akan legalitas rumah tersebut karena bank hanya akan memproses KPR yang pembeliannya disertai dengan sertifikat yang sah. Sehingga dalam hal ini, Anda tidak mungkin terkena gusur oleh pemerintah karena legalitasnya sudah terjamin.

  1. Pengembang Properti Sudah Pasti Terpercaya

Saat membeli rumah dengan sistem KPR, Anda tidak perlu takut ditipu oleh pengembang atau developer karena biasanya bank hanya akan memproses KPR yang Anda beli dari pengembang yang bekerjasama dengan bank tersebut. Pengembang yang bekerjasama dengan bank pastilah sudah terpercaya. Bank tidak ingin mengambil resiko jika bekerjasama dengan pengembang yang tidak terpercaya. Jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk memastikan reputasi dari pengembang tempat Anda membeli rumah karena akan dipastikan oleh pihak bank nantinya.

  1. Dilindungi Oleh Asuransi

Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan dari membeli rumah dengan sistem KPR adalah rumah Anda secara langsung akan diasuransikan oleh pihak bank. Meskipun harus mengeluarkan biaya yang harus dibayarkan di awal, namun dengan memiliki asuransi, setidaknya Anda akan merasa aman dari segala kemungkinan musibah yang bisa terjadi kapan saja. Cukup membayar sekali Anda sudah bisa mendapatkan berbagai manfaat yang menguntungkan.

  1. Bisa Dimanfaatkan Sebagai Investasi Jangka Panjang

Menggunakan KPR dalam membeli rumah sama halnya dengan menabung investasi jangka panjang yang menguntungkan. Misalnya Anda membayar cicilan KPR untuk jangka waktu 20 tahun, harga rumah yang Anda beli saat ini pasti akan melonjak tinggi pada dua dekade setelah proses pembayaran cicilan selesai. Jadi saat Anda ingin menjual rumah tersebut nantinya, maka Anda akan tetap mendapatkan keuntungan yang banyak.

 

  1. Rumah Bisa Diberdayakan

Rumah yang dibeli dengan sistem KPR bisa menjadi sumber penghasilan bagi Anda. Caranya, Anda bisa menyewakan kamar atau rumah tersebut dan biaya sewanya bisa Anda gunakan untuk membayar cicilan. Jadi bisa dibilang bahwa Anda mendapatkan rumah tersebut secara gratis.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, sikap disiplin Anda dalam membayar angsuran juga bisa menguntungkan Anda di masa depan. Dengan membayar cicilan sebelum jatuh tempo tiap bulannya, catatan kredit Anda di mata pihak bank akan tetap baik dan bisa memudahkan Anda nantinya.

Leave a Reply

Required fields are marked*