whatsapp-image-2016-11-08-at-20-52-48

Apa yang ada dalam benak Anda ketika disebutkan kata Lamongan? Mungkin tak akan lepas dari kata-kata berikut :  Soto, Wisata Bahari, Persela.  Hal ini juga tercermin dalam trend pencarian di search engine seperti Google. Lamongan sendiri adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Lamongan. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat. Pusat pemerintahan Kabupaten Lamongan terletak 50 km sebelah barat Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Lamongan merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila.

Kuliner di Lamongan

Kalau Jogja punya Gudeg, Betawi punya Kerak Telor, Semarang punya Lumpia. Nah kalau Lamongan punya Soto Lamongan. Brand ini sepertinya sudah menancap di sebagian orang Indonesia. Empat dari 5 pencarian teratas di search engine Google tentang Lamongan adalah soto, soto lamongan, resep soto lamongan dan resep soto. Ini membuktikan, soto Lamongan adalah soto yang paling dicari di Lamongan. The most wanted!

Apa yang membedakan dengan soto lainnya? Karena soto Lamongan ini isinya macam-macam dan kuahnya berwarna kuning. Mungkin ini disebabkan oleh kunyit yang menjadi salah satu bumbunya. Tetapi sebenarnya tidak hanya soto yang khas di Lamongan. Ada kuliner lainnya yang tak kalah menarik dan layak untuk dicoba, yakni Nasi Lalapan (Bebek, Ayam, Lele), Seafood,  Nasi Boranan,  Rujak Cingur,  Tahu lontong/tahu tek-tek,  Tahu campur lamongan dll.

Wisata Di Lamongan

Wisata Bahari Lamongan adalah tempat wisata yang paling dicari di Lamongan. Namanya saja bahari, tentu berbasis pantai. WBL demikian singkatanya, berada di area Kecamatan Paciran. Wahana yang lengkap untuk anak-anak, segala usia dan keluarga. Di WBL ini terdapat beberapa wahana unggulan, yaitu  Anjungan Wali Songo, Gua Insectarium, Istana Bawah Laut, Tembak Ikan, Istana Bajak Laut, Rumah Kaca, Texas City, Space Shuttle, dan Paus Dangdut.

Tidak hanya WBL. Di Lamongan sangat lengkap wisatanya. Baik wisata alam, wisata sejarah maupun wisata religi. Anda dapat berkunjung ke tempat-tempat wisata ini yang tak kalah menarik dari WBL, yakni Waduk Gondang, Waduk Prijetan, Gua Maharani Zoo, Pemandian air panas brumbun, Goa dan Sendang Pucakwangi Babat, Museum Sunan Drajat, Monumen Van der Wijck, Situs Sendang Gede Ngimbang, Candi Slumpang Laren, Makam Sunan Drajat, Makam Sunan Sendang Duwur, Makam Sunan Lamongan/Syeh Hisamudin (Putra Sunan Giri), Makam Dewi Sekardadu (Ibu Sunan Giri), Makam Dewi Andongsaroli (Ibu Patih Gajah Mada) dan lainnya.

Industri Di Lamongan

Kawasan utara Lamingan memiliki pantai paling panjang dibanding kawasan pesisir lainnya. Hal ini menjadi salah satu alasan Pemprov Jatim menetapkan wilayah utara Lamongan, tepatnya di Kecamatan Branding sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) sektor industri maritim. Program ini menelan investasi 9 trilyun dan luas lahan yang disiapkan untuk industri ini mencapai 4000 hektar. Untuk tahap awal pengembangan, akan dibangun seluas 200 hektar. (Sumber Jawa Pos).

Geliat Properti di Lamongan

Kami mengamati di situs Rumah123.com dan mencari properti dengan kata kunci Lamongan dan menemukan 39 rumah  yang dijual dengan harga bervariasi mulai 116 jutaan sampai dengan 1.8 milyar, dengan tipe mulai 36 m2 sampai dengan 200 m2. Kami juga menemukan 12 rumah toko  dijual dengan harga mulai 560 juta sampai dengan 1,7 milyar. Sedangkan tanah dijual, ada 47 properti dengan harga 225ribu per m2 sampai 650 juta total lahannya.

Yang menarik adalah ketika kami mengerucutkan kata kunci menjadi rumah kost, terdapat 2 iklan rumah kost dijual dengan harga 875 juta dengan 6 kamar dan 950 juta dengan 5 kamar. Mungkin Anda mulai tertarik berinvestasi properti di Lamongan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *