Ini Dia 7 Alasan Anda Perlu Punya Bisnis Kos-Kosan

Kami mengajukan pertanyaan diskusi terkait properti kepada sebuah FGD (Focused Group Discussion) dan jawabannya mengejutkan ! FGD tersebut beranggotakan 57 orang terdiri dari para peminat dan pelaku bisnis properti meliputi agen, developer, dan investor properti, juga representasi perbankan sebagai penyedia pembiayaan properti.

Pertanyaan yang diajukan adalah : “kenapa orang perlu punya bisnis kos-kosan?”.

Kami memberikan kebebasan kepada FGD untuk menjawab spontan tanpa batasan formal. Hasilnya, jawaban yang diberikan tidak diduga. Mulai dari yang normatif, inspiratif, hingga nyeleneh. Mengejutkan ! Berikut 7 jawaban teratas alias yang paling banyak diberikan. Karena alasan tertentu, kami tidak menyertakan jawaban yang terlampau nyeleneh.. ^_^

  1. SIMPANAN

Ketika ditanyakan lebih lanjut akhirnya terklarifikasi. Mereka yang memberikan jawaban ini membedakan antara simpanan dengan simpenan. Betapa jawaban yang riskan. Meski tidak mengurangi substansi peran kos-kosan sebagai salah satu media simpanan andalan.

  1. KREDIT TANPA ANGSURAN

Bisnis kos-kosan mungkin satu-satunya cara memperoleh aset yang bisa dilakukan tanpa modal penuh. Sepanjang pandai berhitung, bukan tidak mungkin Anda bisa memperoleh sebuah aset bernilai besar hanya dengan menyiapkan uang muka. Sisanya? Dibayar dari hasil sewa kamar kos-kosan yang Anda punya.

  1. ATM GEDOR

Maksudnya mungkin setiap hari, minggu, atau bulan sesuai jadwal jatuh tempo, tinggal gedor, keluar uang layaknya menggunakan mesin ATM. Intinya Passive Income atau penghasilan yang diperoleh tanpa harus bekerja secara langsung. Justru sang kos-kosan yang bekerja untuk Anda.

  1. CAPITAL GAIN

Ini jawaban terbanyak dari para INVESTOR. Wajar mengingat istilahnya pun istilah dalam investasi. Wajar pula kalau agak serius. Artinya sesuatu yang jadi media Anda menempatkan uang untuk dilepas kembali di kemudian hari dengan mengkalkulasi dan mengekspektasikan selisih antara nilai perolehan dengan nilai saat dilepaskan.

  1. BODYGUARD

Pernah mendengar tentang sosok pencuri tak berwujud yang sadar atau tidak sadar menggerogoti uang Anda? Tentu bukan Tuyul atau makhluk mistis sejenisnya yang bisa bikin merinding jika Anda membaca tulisan ini sendirian di malam hari. Makhluk itu bernama INFLASI. Kos-kosan adalah salah satu media hedging atau lindung nilai terbaik untuk melindungi harta Anda dari kikisan inflasi.

  1. PENGGANDA ASET

Mendengar kata pengganda, Anda mungkin lantas teringat dengan sebuah kasus nasional yang melibatkan seseorang bernama Dimas Kanjeng Taat Pribadi. Nah, kalau Anda ingin menggandakan aset, percayalah tidak perlu mendatangi yang bersangkutan ke tahanan. Asal tau caranya, ini bisa Anda lakukan dengan bisnis kos-kosan.

  1. PROPERTYGENIC

Saat Anda membutuhkan tambahan modal, kos-kosan bisa diandalkan jadi jaminan untuk memperoleh pengungkit alias dana segar tambahan. Bisnis kos-kosan membuat seseorang menjadi propertygenic. Bukan cuma di mata orang lain tapi juga di mata bank. Konon cashflow dari bisnis ini bisa membuat Anda menjadi lebih bankable.

Selain 7 jawaban di atas ada beberapa jawaban yang nyeleneh. Misalnya supaya bisa jadi Bapak Kos, agar awet muda, dan lain-lain. Maksudnya tentu sekadar berkelakar.

Nah, apakah 7 jawaban di atas valid? Mungkin kita perlu seseorang yang berpengalaman untuk memvalidasi atau bahkan memberikan panduan jika kita serius ingin terjun ke dalam bisnis kos-kosan. Selamat mencari J

(TIM RFR)

 

One Comment on “Ini Dia 7 Alasan Anda Perlu Punya Bisnis Kos-Kosan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *