Bagaimana Mengetahui Keseriusan Pembeli?

konsultasi

Berikut ini adalah pertanyaan dari Mr. Random (bukan nama sebenarnya) kepada fasilitator Real Estate Powerful Marketing, Harry Afandy, melalui inboxnya.

TANYA : Cara atau ilmu tentang negosiasi yang baik untuk menghadapi calon pembeli atau pemilik properti yang mau dijual gimana ya?

JAWAB : Tidak ada cara yang paling ampuh selain hipnotis tatap matanya lalu tenangkan dan cepat-cepat berkata-kata untuk beri DP. Hehe upsss bukan ini just kidding! Tapi gini menurut saya kembalikan sifat dan prinsip manusia dalam menjalin hubungan komunikasi, yaitu tidak ada cara yang paling apik selain MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK (Rappor/Relationship) yang ditambah SERVICE LAYANAN baik itu fitur dan benefit.

Sebagai saran, gunakanlah PROSES TANYA (untuk menggali informasi dalam), DENGAR (membangun sikap empati), jika memungkinkan berilah SOLUSI. Ingat, jangan judge apapun.

TANYA : Ok, sippp sipp! nah gimana kalau sudah terbangun hubungan baik nah cara membedakan calon pembeli serius atau pembeli yang sekedar bertanya ingin tahu? Atau jangan2 kompetitor? *@&#&@(=

JAWAB : Semua akan terbuka dan Pak Random bisa ahli membedakan itu semua apabila lebih sering berinteraksi dengan mereka atau mempraktekan tanya, dengar dan solusi. Biasa saya lakukan rollplay. Usahakan menangkap peluangnya, jika mereka bertanya maka kita bisa menjawab apa kebutuhan mereka, lalu tanya balik apa yang bisa kita bantu? Nah ini salahsatu trik sederhana tapi sangat ampuh membedakan mereka serius atau sekedar cari informasi dari mana ampuhnya? Ya karena pertanyaan tadi membuat mereka harus menjawab atau bereaksi. Nah kita baca gesture dan mimik wajah mereka.

Benar saya percaya dan pasti sahabat juga sepakat, apapun produknya kalau penjualnya itu cakap dan fleksibel akan memudahkan produk itu tersampaikan pesannya. Bahkan mungkin tepat bagi mereka calon konsumen. “Practice makes perfect” ini sepanjang abad dunia ini ya tetap populer dan membuktikan bahwa proses berlatih terus adalah pembeda bagi si pemenang.

Semoga bermanfaat ya. salam powerful,

Harry Afandy Yang | #LifeIsMoment #PowerfulBreakthrough #NextRPMBatch19

 

 

 

Leave a Reply

Required fields are marked*