Ini Rasio KPR Dengan PDB di Indonesia

Sumber : Pexels.com

Berapa perbandingan rasio KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) di Indonesia? Ternyata hanya 2,8 persen saja. Porsi kredit properti ini tercatat sangat rendah dibandingkan dengan negara Malaysia. Negara Amerika Serikat, sebagai negara adidaya, memiliki rasio 76,9 persen. Hal ini adalah salah satu indikator bahwa pemenuhan kebutuhan rakyat masih sangat rendah.

“Rasio Indonesia hanya 2,8 persen.‎ Tetangga kita, Malaysia 37,8 persen. Paling dekat sama kita adalah Filipina, itu pun masih di atas kita 3,3 persen,” ujar Ananta Wiyogo, Direktur Utama Sarana Multigriya Finansial (SMF) di Semarang, Jumat (24/9/2016).

Total kredit di perbankan Indonesia tercatat Rp. 4.088 trilyun pada tahun 2015. Porsi kredit properti hanya 14,5 persen saja. Selebihnya bukan kredit properti.

“Dari jumlah itu, untuk kredit properti, termasuk real estate, konstruksi, dan kredit pemilikan rumah (KPR), kurang lebih Rp 602 triliun,” sebut Ananta.

Adapun dari total jumlah kredit properti, kredit KPR berjumlah Rp 326 triliun. Sementara untuk real estate dan kontruksi masing-masing Rp 103 triliun dan Rp 173 triliun.

Sumber Kompas

Leave a Reply

Required fields are marked*