Boss Facebook Borong 4 Rumah Rp 394,7 Miliar

CEO Facebook Mark Zuckerberg saat berpidato di Tsinghua University, Beijing - Sumber Kompas

Tau kan siapa boss Facebook? Iya, CEO Facebook Mark Zuckerberg. Pada tahun 2011, ia pindah ke rumahnya dengan luas 464.5 meter persergi di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Rumah tersebut ia beli senilai 7 juta dollar AS atau setara 92,1 milyar rupiah.

Dua tahun berikutnya, Zuckerberg memborong 4 rumah di dekat rumah tinggalnya sekarang senilai 394,7 milyar rupiah atau sekitar 30 juta dollar AS. Gilanya lagi, ia akan merobohkan rumah-rumah itu dan membangunnya kembali sehingga ada ruang-ruang untuk teman-teman dan keluarga Zuckerberg turut tinggal di sana.

“Propertinya saat ini cukup terbatas dan ini memberinya lebih banyak ruang untuk fungsi perumahan tersebut,” ujar firma arsitektur yang mengkonsultani Zuckerberg.

Sayangnya, Architectur Review Board Palo Alto memutuskan bahwa rencana ekspansi properti boss Facebook ini melanggar kode zonasi lahan. Dewan penasehat sedang meminta pemerintah kota untuk menghentikan rencana milyarder muda ini.  Rencana merobohkan 4 rumah ini dianggap  menghilangkan jumlah perumahan yang sudah terbatas di kota tersebut.

Hal kontroversi lainnya adalah bahwa CEO Facebook ini juga dituduh menimbun tempat parkir di sekitar tempat tinggalnya di San Francisco pada 2014. Dan di rumahnya di pulau Hawai, ia juga baru-baru ini membangun sebuah konstruksi berupa dinding batu setinggi enam kaki yang kontroversial.

 

Sumber Kompas

Leave a Reply

Required fields are marked*