Tips Mengatasi Kerusakan Kolom Bangunan

Apa fungsi kolom pada bangunan? fungsinya sebagai penyalur beban dari dinding agar tertopang oleh fondasi. Pembuatan kolom harus mempertimbangkan beban yang akan dipikul secara tegak (aksial), karena fungsinya sangat dipengaruhi oleh dimensi dan material utamanya. Munculnya retak pada kolom dikarenakan dimensi dan material kolom yang tidak sesuai dengan ketentuan bangunan. Retak kolom terbagi dua, yaitu :

1. Retak rambut : Terjadi bila terlalu banyak air pada campuran material beton, atau adanya gaya dari luar seperti tekanan angin dan gempa. Meskipun tidak terlalu berpengaruh pada kekuatan kolom, namun retak rambut berpotensi menyebabkan korosi jika dibiarkan hingga sampai pada tulangan baja.

2. Retak struktur (retak lebih dari 2 mm) : Terjadi jika kolom tidak mampu menahan beban yang berasal dari luar. Tekanan biasanya angin kencang dan gempa.

Tulangan baja yang mulai rusak karena korosi itulah yang akan berpengaruh pada kekuatan struktur lainnya di rumah Anda. Untuk menghindari kerusakan lebih parah bisa memberikan injeksi epoxy pada bagian retakan, seperti halnya Anda mengatasi retak rambut pada struktur beton. Untuk retak struktur, lakukan pengecekan dengan bantuan arsitek.

Namun, jika kondisinya belum terbilang buruk, Anda dapat mengisi retak struktur dengan cairan epoxy. Jika kolom tak mampu lagi menahan beban, Anda perlu memperbesar dimensi kolom sehingga mampu menahan beban.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *