Tips Agar Interior Berbeda di Hari Raya

Tips Agar Interior Berbeda di Hari Raya

Mari sambut Hari Raya dengan Interior yang berbeda. Tidak terasa lebaran sebentar lagi, tidak ada salahnya bersiap-siap menyambut sanak saudara yang ingin bersilaturahmi di rumah kita. Karena hari raya hari yang spesial tentu kita ingin tampilan interior rumah kita juga spesial. Anda tidak perlu khawatir, yuk simak beberapa tips agar interior rumah Anda akan terasa “baru” dan fresh.

  1. Geser furnitur Anda.

Selain membuat rumah terasa “baru”, Anda juga bisa membuat kegiatan bercengkrama dengan keluarga besar lebih berkesan dan lebih akrab dengan pengaturan furnitur “mengambang”. Maksudnya, buatlah furnitur berkumpul di tengah ruangan.

  1. Pamerkan koleksi Anda dan pajang benda-benda antik dan cantik di lokasi-lokasi tidak biasa, seperti kamar mandi.

Tidak ada salahnya menjadikan meja menjadi dwifungsi, selain menjadi meja makan bisa juga digunakan sebagai tempat “memamerkan” koleksi porselen China, guci-guci cantik beraneka bentuk dan ukuran. Dan untuk kamar mandi anda bisa menggunakan botol-botol dan kaca patri laboratorium berlabel antik untuk menyimpan sabun, menempatkan lampu antik, atau bingkai kaca antik.

  1. Jangan biarkan dinding rumah Anda kosong dan gunakanlah gorden sebagai pemisah ruangan.

Jika Anda bukan penggemar foto, gunakan piring untuk menghias dinding rumah. Atur sedemikian rupa agar piring-piring tersebut “menyatu” dan membentuk satu kesatuan karya seni di dinding rumah. Meski sederhana, serta sering digunakan pada rumah-rumah di Indonesia, ternyata menggunakan “gorden interior” dapat memberikan aksen dan nuansa berbeda bagi interior rumah.

  1. Hindari keseragaman, terutama jika ingin memberikan “personifikasi” di kamar tidur.

Cari bahan-bahan bedding (perlengkapan tidur, seperti bedcover, seprai, sarung bantal, dan sarung guling) yang senada, namun tidak sama. Bila perlu, pilih yang berbeda sama sekali, namun dapat menyampaikan satu kesatuan. Contohnya, Anda bisa memberikan kesan “bahari” pada dekorasi kamar bernuansa merah, putih, dan biru. Padukan seprai putih, bedcover beraksen mawar, dan sarung bantal garis-garis biru dan putih.

  1. Ubah warna rangka furnitur.

Hal ini efektif jika Anda bosan dengan perabot kayu di rumah, namun belum memiliki cukup banyak biaya untuk membeli furnitur baru. Ganti dengan warna kayu yang lebih tua, lebih merah, atau bahkan ganti dengan warna putih agar terkesan segar dan modern. Selain mengubah warna rangka furnitur, Anda juga bisa mengganti kain sofa. Gunakan gorden tidak terpakai atau beli bahan khusus sofa. Tentu, cara ini lebih murah ketimbang membeli sofa baru.

  1. Buatlah dekorasi bertema.

Manfaatkan stereotipe yang beredar di masyarakat untuk mengubah tampilan rumah. Contohnya, Anda bisa membuat dekorasi bertema Maroko dengan hanya memajang lampion-lampion atau karpet-karpet berwarna mencolok. Atau, Anda juga bisa mendekor rumah dengan gaya Eropa. Pajang wall art bergambar Menara Eiffel, Istana Buckingham, Big Ben, atau Kincir Angin.

Leave a Reply

Required fields are marked*