Properti itu harus Menjawab Kebutuhan Konsumen

harga rumah

Sebelum merancang strategi pemasaran, anda harus bisa menjawab pertanyaan ini, Apakah properti saya bisa menjawab kebutuhan para konsumen? Pertanyaan tersebut membutuhkan jawaban yang  akurat dan nyata, sehingga anda tidak bisa sekedar menerka atau berandai-andai.

Paling sederhana, anda bisa mengamati lingkungan sekitar. Mencari tahu apa kebutuhan mereka dan menyediakan properti yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Developer yang memahami marketing tentunya tidak semata-mata berpikir tentang propertinya, melainkan juga tentang bagaimana properti tersebut bisa menjawab kebutuhan konsumen, dan apa manfaat bagi para konsumen. Anda perlu mengingat bahwa properti adalah alat untuk memberikan solusi pada masalah pasar.

Kebutuhan Penting Manusia yang Harus Dipenuhi

  • Pangan, sandang, dan papan. Ini adalah kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Ketiga hal itu adalah kebutuhan hidup paling mendasar
  • Sesuatu yang berbeda. Ini sangat relevan, terutama bagi mereka yang berada di segmen menengah ke atas. Mereka ingin mempunyai pengalaman atau memiliki sesuatu yang berbeda dan tidak dimiliki oleh orang lain, sehingga kesan eksklusif tersemat dalam diri mereka.
  • Kepastian dan Kenyamanan. Konsumen ingin sebuah kepastian bahwa produk yang telah dia beli benar-benar berkualitas dan tidak ada cacat sama sekal. Kepastian dan jaminan akan membuat konsumen lebih merasa nyaman untuk berbelanja lagi.
  • Variasi dan Ketidakpastian. Selain kepastian dan kenyamanan, kita juga menginginkan variasi hidup dan ketidakpastian. Ini menjadi tantangan tersendiri, sehingga kita tidak mengalami kebosanan.
  • Berkomunikasi dan Menjalin Relasi. Sebagai makhluk sosial, setiap manusia pasti mempunyai hasrat untuk berkomunikasi dan membangun relasi dengan manusia yang lain
  • Menjadi Lebih Baik. Kita menginginkan sesuatu yang lebih baik. Hidup lebih sejahtera, sandang yang lebih sebagai fesyen, mobil baru yang lebih mewah, gawai paling canggih, dan rumah yang lebih besar.

Para Developer pasti akan melihat kebutuhan yang pertama sebagai peluang dan bisa menerjemahkannya kedalam properti. Tujuan properti  adalah untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Hanya dua fungsi melakukan ini : pemasaran dan inovasi . semua sisanya adalah biaya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*