Kelebihan Investasi Properti Dibandingkan Investasi Lainnya

Banyak jenis investasi saat ini, tapi apakah investasi yang kita pilih sudah tepat? ternyata investasi properti adalah investasi yang tepat untuk kita. Berikut alasan mengapa kita harus lebih memilih investasi properti :

– Investasi properti adalah jenis investasi yang bisa anda kendalikan optimalisasi kenaikan harganya, tidak seperti bisnis saham, obligasi, dan reksadana. Sebagai contoh, ketika anda membeli suatu rumah second dan kemudian anda melakukan renovasi serta penambahan beberapa fasilitas seperti AC dan wifi, maka harga sewa dan harga jual properti tersebut bisa mengalami penambahan yang cukup signifikan.

– Properti adalah jenis investasi yang bisa menghasilkan uang untuk anda tanpa harus dijual. Anda hanya cukup menyewakan properti anda. Hal ini akan mendatangkan cashflow tanpa harus kehilangan hak milik.

– Properti anda juga bisa dikerjasamakan untuk memperoleh keuntungan. Contohnya adalah yang sering kita jumpai di bali yaitu orang yang memiliki properti berupa tanah membuat kerjasama sewa lahan dengan pengembang condotel/villatel untuk jangka waktu 20 tahun. Hasil tahunan dari condotel/villatel yang di operate ini akan dibagi antara pemilik tanah dengan pengembang. Setelah 20 tahun, seluruh bangunan akan menjadi milik pemilik tanah, sehingga bisa diwariskan ke anak cucu nya.

– Persentase kenaikan harga properti selalu diatas inflasi. Inflasi rata-rata 6-10% per tahun, sedangkan kenaikan harga properti bisa menyentuh 15-30% bahkan lebih untuk kenaikan harga pertahunnya, tergantung lokasi dan perubahan peruntukannya. Bandingkan dengan kenaikan emas yang bahkan bisa turun harga, dan juga deposito yang hanya memberikan imbal hasil tahunan sebesar tingkat inflasi bahkan bisa kurang.

– Properti adalah jenis investasi yang bisa dikenakan leverage (daya ungkit), maksudnya dengan modal yang relatif kecil kita bisa memperoleh properti yang harganya 3-4 kali modal kita. gambaranya seperti ini: untuk properti yang harganya 1M, anda cukup membayar 300jt (30% nya). Sisanya bisa anda bayar dengan cash bertahap 36x atau dengan KPR dengan jangka waktu 10-20 tahun. Selama jangka waktu pembayaran sisanya anda bisa menyewakan properti tersebut untuk mendapat pemasukan sebagai tambahan dalam mencicil, sehingga biaya cicilan bisa terasa lebih ringan.

Menarik bukan? Tunggu apalagi, investasi properti sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *