Tips Membedakan Asset atau Liability Pada Properti

ruko2 2

Apakah properti yang kita miliki saat ini baik berupa rumah, tanah, apartemen, dan sebagainya merupakan sebuah Asset atau Liability? Cara mudah membedakannya adalah ketika properti itu disewakan maka dia bersifat sebagai asset, dan ketika properti nya dibiarkan begitu saja maka dia bersifat sebagai liability.

Menurut analogi robert kiyosaki perbedaan antara asset atau liability sebagai berikut :

Asset adalah apapun yang memasukkan uang ke kantong anda tanpa kehilangan kepemilikan. Contohnya: rumah yang disewakan, mobil yang di rental kan, royalty dari lagu dan buku  yang anda jual.

Liability adalah apapun yang mengeluarkan/menarik uang dari kantong anda. Contohnya rumah yang anda tempati, tidak menghasilkan uang namun justru menambah pengeluaran seperti pajak tahunan, biaya-biaya perbaikan dan kebersihan.

Lebih baik anda tinggal di rumah sederhana yang layak huni namun memiliki kios dan ruko untuk bisnis anda atau ruko tersebut disewakan ke orang lain sehingga menghasilkan uang untuk anda, daripada kita bangga memiliki sederet rumah mewah di real estate ternama, sementara hampir separuh penghasilan anda hanya untuk membayar cicilan KPR sederet rumah mewah tersebut.

Berikut penjelasannya :

Begitu anda membeli sebuah rumah atau ruko atau kios yang di dalamnya anda buat sebuah bisnis sehingga bisnis tersebut mendatangkan penghasilan bagi anda di luar penghasilan dari pekerjaan yang saat ini anda geluti maka penghasilan tersebut akan menjadikan anda semakin kaya dari sebelumnya.

Contoh:

Rumah di dalamnya ada warung kelontong (asumsi nya anda bekerja dengan Gaji 3 juta per bulan):

Warung tersebut Omzetnya : 500,000 per hari

Laba bersih 25% : 125,000 per hari

Dari laba bersih tersebut anda tabungkan 30%nya : 37,500 per hari

Maka dalam sebulan, anda sudah menabungkan: 1,125,000 per bulan.

Nah itu baru dari 1 sumber properti, belum lagi jika anda punya Ruko dan Ruko tersebut disewakan 5 tahun ke sebuah Bank atau Frenchise dengan nilai setahunnya : 50 Juta per tahun (Jika 5 tahun maka totalnya menjadi 250 Juta) WOW sangat menggiurkan bukan..!!!

Nah, bearti bisa disimpulkan kita harus memperbanyak assetnya bukan liabilitynya karena Asset itu akan menjadikan anda kaya, sedangkan liability membuat anda terlihat gaya bukan kaya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*