Teknik Closing “Kejutan” dan Mengarahkan Pikiran

Ketika pembeli telah dekat dengan keputusan, beri mereka sesuatu yang tidak terduga. Sebuah kejutan yang menyenangkan! Intinya adalah membuat mereka berkata, “wah, itu sangat menyenangkan!” Rumusnya adalah :

Kebahagiaan = harapan + 1

Contohnya, “Khusus untuk anda, saya akan memberian carport secara gratis karena anda pembeli ke 10. Tolong jangan cerita kepada pelanggan yang lain.” Ada satu alasan mengapa teknik closing ini dikenal ampuh. Bonus adalah godaan yang tak dapat ditolak. Ketika seseorang secara emosional merasa dekat pada bonus, mereka cenderung setuju untuk melakukan pembelian karena takut bahwa Anda mungkin mengambilnya dari mereka lagi. Dengan menawarkan bonus kejutan, Anda juga telah menciptakan rasa pertukaran yang menguntungkan bagi pembeli.

Sedangkan teknik closing mengarahkan pikiran adalah teknik closing dengan menampilkan penawaran kita menjadi yang terbaik dibanding penawaran-penawaran yang lain, Caranya adalah dengan memberikan 3 macam penawaran kepada pembeli dengan meletakkan tawaran terbaik pada posisi tengah (kedua):

Pertama, tawarkan kepada pembeli properti yang mewah dan mahal yang berada di luar jangkauan anggaran mereka. Properti itu haruslah menarik namun dengan harga yang tidak realistis bagi mereka (jika mereka memilih pilihan pertama ini, maka itu adalah keuntungan anda!)

kedua, tawarkan kepada mereka tawaran yang solid, yang bagus dalam ukuran harga mereka. Mungkin tidak 100% sesuai dengan yang mereka inginkan, tapi harganya pas untuk mereka.

Ketiga, tawarkan harga rendah dengan properti yang jauh dari keinginan mereka. Mereka tentu saja, akan memilih yang berada di tengah. Menolak opsi yang lebih tinggi memungkinkan orang lain merasa nyaman karena mereka merasa bahwa mereka telah menghemat sejumlah uang. Menolak opsi yang lebih rendah memungkinkan mereka merasa tidak pelit dan dapat membeli sesuatu yang lebih bernilai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *