Suatu hari di musim panas di Tel aviv, tepatnya di Pangkalan Militer Udara Israel seorang Kolonel kebingungan dengan kinerja para Pilot tempur. Apa yang salah, katanya?. Sistem reward dan punishment telah dilakukan tetapi hasilnya hasilnya tidak berbanding lurus. Aneh.

Berpindah ke Wall Street, New York City. Kinerja para Manajer Investasi sedang diteliti oleh sekelompok ahli psikologi kognitif sekedar untuk mengetahui korelasi antara reward dan prestasi kerja. Hasilnya, korelasinya sedikit diatas nol persen. Artinya apa?, itu semua adalah murni keberuntungan. Hubungan antara skema reward dan punishment dengan prestasi kerja adalah sebuah mitos dalam manajemen bisnis. Saya sadar ini pemikiran yang bid’ah. Apa boleh buat.

Dalam keseharian hidup kita saya ingin katakan bahwa jika anda memang harus sakit ya memang harus sakit, kalau anda giliran sembuh dari sakit iya memang sudah waktunya sembuh. Kalau anda memang sudah waktunya meraih kemenangan ya memang sudah memang sudah waktunya begitu juga sebaliknya dsb. Jadi apa gunanya obat?. Obat hanyalah ilusi. Menganggap bahwa obat yang mampu memberikan kesembuhan anda adalah sebuah mitos yang tak dapat dipertanggung jawabkan alias sesat pikir serius.

Terus bagaimana anda mensikapi temuan tersebut dalam menjalankan roda bisnis?. Masih percaya kah kita dengan sistem reward dan punishment?. Jangan terlalu dipercaya. Yakini ia hanya sampai sebagai sebuah ikhtiar yang wajib dilakukan manusia. Ingat, hanya sebagai sebuah usaha yang mati-matian harus anda lakukan. Tidak lebih. Karena saya khawatir anda akan kecewa.

Adi haryadi| www.nDalemgroup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *