Menjual Seni Menciptakan Keinginan Membeli

cash

J.s. Knox, Salah satu pakar pemasaran, mengatakan, “Menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang-orang agar mereka mau membeli barang yang kita tawarkan dengan saling menguntungkan walaupun sebelumnya tidak terpikirkan untuk membeli barang tersebut tetapi pada akhirnya tertarik untuk membeli.

Artinya, menjual tak lain merupakan seni untuk menciptakan keinginan untuk membeli. Terkadang, walaupun mereka membutuhkan barang, pembeli secara tidak sadar merasakan kebutuhan itu. Adalah tugas seorang penjual untuk menyadarkan pembeli. Penjual harus memutar otak, menggunakan kepandaian serta kreativitasnya untuk menggelitik benak pembeli, sehingga yang tadinya tidak terpikir untuk membeli, menjadi punya keinginan untuk membeli.

Dalam upaya membangkitkan keinginan membeli konsumen, jangan melakukannya dengan berlebihan. Tak perlu mendesak atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya menjebak sehingga konsumen merasa bodoh atau dibodohi. Cukup siapkan pertanyaan yang mungkin dapat membantu anda memperoleh informasi tentang kebutuhan dan keinginan konsumen.

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tepat adalah salah satu trik menjual secara konsisten direkomendasi oleh para pakar pemasaran. Setiap jawaban “Ya” dari pertanyaan yang tepat, akan membawa anda selangkah lebih dekat menuju transaksi. Perhatikan penjual berikut :

Penjual : Mau ke Jakarta ya, Pak?

Calon Pembeli : : Iya

Penjual : Kalau dari Jogja ke Jakarta naik kereta ini, mungkin sekitar 7-8 jam. Cukup lama, ya pak?

Calon Pembeli : Iya

Penjual : Agar Bapak tidak merasa bosan di perjalanan, ini saya ada majalah yang cocok untuk teman perjalanan. Murah hanya RP 35.000,.

Calon Pembeli : Iya, saya ambil yang ini

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*