Cara Mendapatkan Modal Tanpa Agunan

Modal seringkali menjadi kendala bagi banyak orang dalam memulai bisnis, tak jarang juga bisnis yang berjalan kekurangan modal dalam pelaksanaannya sehingga membuat sang pemilik usaha pusing tujuh keliling, kesempatan kali ini YBP akan membagi tips dalam mendapatkan modal yaitu :

  1. Hutang Family dan Mertua,  Jika anda sudah menikah inilah yang bisa menjadi pertimbangan anda, sebagai orang- orang terdekat yang intens dalam berkomunikasi, disisi lain dapat tanpa agunan, bunga ringan, cicilan ringan atau bahkan tanpa itu semua. Namun harus dipastikan bahwa anda bisa dipercaya dan dapat menyelesaikan tanggung jawab.
  2. Hutang ke Teman,  Alternatif kedua yang terdekat adalah hutang ke teman, saya yakin anda memiliki banyak teman dalam hidup anda minimal 100 orang,  jelaskan pada mereka bisnis apa yang akan anda jalankan, bagaimana mekanismenya, bagaimana revenuenya, bagaimana timeline bisnisnya sampai anda mencapai profit, sehingga meyakinkan teman anda untuk meminjamkan uang /investasi, dan pastikan anda membuat kesepakatan hitam diatas putih demi kenyamanan bersama.
  3. Jual Konsep dan gagasan anda, Ini adalah jalan yang sering diambil, anda bisa menjual ide anda kepada para investor atau pebisnis, buatlah proposal yang jelas dan terperinci, dan lakukanlah presentasi mengenai garis besar bisnis anda.  Buatlah serealistis mungkin bagaimana anda dapat mengambil pasar, apa kelebihan anda, dan bagaimana anda mendapatkan revenue dari bisnis anda.
  4. Modal dari konsumen, Ada juga cara mendapatkan modal dari konsumen Anda. Caranya gimana? Anda bisa meminta uang muka jasa Anda terlebih dahulu pada calon konsumen ( Down Payment) misalnya 30 persen untuk operasional. Uang muka itu bisa digunakan sebagai modal sampai pekerjaan selesai dan mendapatkan pembayaran seluruhnya berikan tenggang waktu pengerjaan dan dilakukan secara kolektif, sehingga anda dapat fokus mengerjakan satu per satu sampai anda memperoleh total pembayaran dari satu produk anda.
  5. Kerjasama, Ketika anda ingin menjalankan bisnis anda namun membutuhkan modal juga, anda bisa bekerjasama dengan teman anda dalam menjalankannya, dengan metode ini anda harus bagi hasil dari keuntungan anda, metode ini cukup populer dan umum digunakan, ingat harus win-win solution ya.
  6. Hutang Supplier, Anda dapat melalakukan ini dalam bidang perdagangan, dimana anda dapat mengambil barang dahulu dan pembayaran dilakukan ketika barang sudah laku, untuk metode ini harus memperoleh kepercayaan dahulu dari supplier.

Itulah tips memperoleh modal tanpa agunan, semoga bermanfaat 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *