Pemasaran Adalah Masalah Persepsi

marketing, solusi marketing, solusi perumahan, propyek perumahan, bisnis properti, aryo dipinegoro, saputra wijaya, bisnis properti, investasi properti

Produk saya nomor satu ! Produk saya lebih baik dari pesaing mana pun ! Tetapi benarkah anda mengetahui seberapa hebat produk pesaing?

Developer yang baik selalu mampu mengidentifikasi keunggulan (strength) dan kelemahan (weakness) pesaingnya. Mengapa? Dengan mengetahui keunggulan dan kelemahan pesaing, kita akan dengan mudah menyampaikan keunggulan produk dibandingkan pesaing. Selalu ada celah yang dapat dimanfaatkan. Temukan alasan mengapa pembeli harus membeli dari anda, bukan dari pesaing.

Joe Vitale (dalam bukunya Buying Trances) berkisah tentang sebuah lukisan yang berjudul The Man with the Golden Helmet karya seniman besar Rembrandt. Lukisan itu demikian populer sehingga masyarakat berbondong-bondong mengunjungi galeri, mengantri berjam-jam hanya untuk melihat lukisan itu. Karya itu kemudian menjadi terkenal di seluruh dunia hingga suatu saat para ahli menganalisis karya tersebut dan menemukan bahwa lukisan tersebut bukanlah karya Rembrandt.

Apa yang terjadi kemudian? Tiba-tiba saja lukisan itu kehilangan daya tariknya. Antrian menghilang dengan cepat. Padahal tak ada yang berubah dari lukisan itu. Tetapi orang-orang tak lagi menginginkannya. Itulah kekuatan dari persepsi. Pembeli hanya membeli produk yang mereka persepsikan baik. Jika anda menjual lebih banyak, perhatikan persepsi pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *