Teknologi informasi makin hari makin merambah semua sektor industri. Tak terlepas industri real estate. Dan dalam hal ini, Badan Pertanahan Nasional sebagai pengelola pertanahan di Indonesia, memberikan layanan portal yang dapat diakses dimanapun berupa peta tanah Indonesia.

Sebelumnya Peta BPN ini dapat diakses pada portal peta.bpn.go.id. . Untuk melihatnya, kamu memang harus meregistrasi terlebih dahulu. Kemudian terdapat himbauan dari BPN pada halaman peta online yakni untuk tidak menyebarluaskan peta tersebut dalam bentu digital maupun cetakan.  Akses ke peta ini hanya diperbolehkan dari halaman peta.bpn.go.id. BPN tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk penyalahgunaan yang diambil dari halaman tersebut.

Namun portal tersebut di atas sudah tidak dapat diakses lagi. Sebagai gantinya, BPN membuat peta sejenis pada Portal https://www.atrbpn.go.id/Peta-Bidang-Tanah . Pada portal terbarunya ini, tidak ada himbauan dari BPN. Kamu dapat mengakses begitu saja tanpa harus melakukan regristrasi. Peta ini bisa menyajikan pemetaan tanah baik SHM, SHGB, Petok dan lain-lain di seluruh Indonesia

Peta tersebut menunjukkan posisi relatif sebaran bidang-bidang tanah. Apabila terdapat perbedaan letak, batas, bentuk dan luas bidang tanah dengan keterangan di dalam sertipikat agar melakukan verifikasi ke Kantor Pertanahan penerbit sertipikat. Untuk meningkatkan akurasi data yang disajikan pada peta, saran dan masukan pemegang hak sangat dibutuhkan oleh pihak BPN.

Buat kamu yang mau beli rumah, atau mau beli tanah untuk dibuat perumahan, atau beli properti untuk berinvestasi, kamu bisa cek dulu sertifikatnya melalui peta BPN ini. Mempermudah kamu bukan?


3 Comments

International Conference 2016 · April 20, 2016 at 10:08

Terimakasih atas informasinya, salam dari http://goo.gl/sqGORK
International Conference 2016

Chandra · October 4, 2017 at 05:12

Mihon Cara mendapatkan Copy GS & SU dari SHM yang dim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *