segemen pasar

Setiap investor dapat mengumpulkan aset propertinya kapan saja, tapi bagaimana agar investor tahu untuk terus mendapatkan investasi yang terbaik? Jawabannya adalah dengan menyusun portofolio properti. Dan memang tidak mudah, terlebih lagi setelah kita benar-benar memulainya. Ini dia 5 tips untuk memiliki portofolio properti terbaik dari Chris Gray, Pakar Properti dan CEO Your Empire (Australia) :

1. Tahu Apa Pilihan Anda

Saya selalu memberitahu orang-orang untuk menahan keinginan membeli properti hanya dari tampilan fisik saja, tetapi mereka harus tahu apa yang sebenarnya diinginkan. Langkah pertama dalam proses investasi adalah benar-benar memahami apa, di mana, dan kapan anda harus membeli. Apakah anda berinvestasi untuk menambah cashflow atau capital gain? jika anda membeli rumah, apakah itu produk baru atau seken?
Bukan tidak mungkin anda bakal menemukan yang anda pikir dan inginkan justru kebalikan dari apa yang anda butuhkan. Oleh karenanya tahu apa kebutuhan anda menjadi sangat penting, caranya adalah membaca buku, mengikuti seminar, dan bertukar pendapat dengan orang lain. Setelah itu, anda dapat membandingkan pro dan kontra dari setiap pilihan. mungkin ini makan waktu, tapi jelas lebih baik ketimbang salah berinvestasi atau tidak menyadari investasi yang anda tanam tidak akan kembali dalam 5-10 tahun

2. Lihak Kondisi Sekitar

Melihat kondisi di sekitar properti merupakan strategi tepat untuk memahami apa yang dibutuhkan dan bisa menjadi value. Ide ini sangat baik agar Anda dapat membandingkan pertumbuhan yield dan capital gain di setiap daerah incaran.

Lebih jauh lagi, ini memungkinkan Anda untuk menargetkan area yang lebih baik, atau diversifikasi dari portofolio Anda. Cara ini tentunya akan lebih menantang anda untuk memahami pasar properti lokal ataupun luar negeri. Untuk itu, penelitian menyeluruh dan nasihat ahli sangat dibutuhkan.

3. Melakukan Penelitian

Kunci untuk membuat keuntungan di atas rata-rata di bidang properti adalah dengan melakukan banyak penelitian. untuk menjadi ahli di bidang properti anda harus banyak bepergian untuk membandingkan puluhan bahkan ratusan properti.

Satu lagi. membangun hubungan yang baik dengan agen dan manajer properti akan memberikan anda pengetahuan tentang bagaimana mendapatkan sewa terbaik dan bagaimana cara membeli properti yang potensial.

4. Mengambil Risiko

Tidak ada satu standar baku untuk semua strategi investasi. Ketika sudah mengetahui pro-kontra dari strategi anda, lihat apa yang dapat anda lakukkan untuk mengurangi risiko dan meningkatkan keuntungan.
Ambilah risiko, pastikan bahwa aset anda diasuransikan dan memiliki nilai jual yang tinggi. Renovasi juga akan membantu untuk yang meningkatkan ekuitas properti dan daya tarik untuk penyewa potensial.

5. Belajar dari Ahli Properti

Belajar dari seorang ahli selalu lebih cepat dan lebih murah ketimbang belajar dari pengalaman anda sendiri. Karena itu, investasikan uang dan waktu anda untuk berguru pada pakar properti. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah strategi anda sudah tepat atau belum. Jika anda benar-benar ingin memiliki portofolio properti yang luar biasa, pastikan anda dikelilingi tim yang ahli seperti akuntan, perencana keuangan, pengamat properti, developer, kontraktor, dan agen properti.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *