rumahrumah

Ruangan yang sempit kerap menjadi kendala dalam menata rumah. Keterbatasan dalam menghias rumah mungil membuat sebagian pemiliknya kebingungan untuk menempatkan furniture dan perabotannya.

Kini rumah mungil tidak selalu berarti kaku, sumpek, dan sempit. Sebenarnya, rumah mungil dapat ditata dengan interior yang tepat agar nyaman dan terkesan luas. Meskipun hanya memiliki lahan yang terbatas anda harus bisa mensiasati ruang-ruang yang sempit agar dapat memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan keluarga.

Sebenarnya, anda tak perlu memutar otak untuk membuat kesan luas pada rumah mungil anda. Dengan berpikir praktis dan kreatif bisa dimulai dengan menyiasati ruangan yang ada. Contohnya, apabila anda mempunyai dua buah hati, anda bisa menyatukan kamar mereka dan mempergunakan tempat tidur tingkat yang cenderung menghemat ruang.

Apabila anak anda mempunyai banyak buku dan mainan, anda bisa menggunakan storage atau laci-laci kecil yang diletakkan di bawah tempat tidurnya. Selain menghemat ruang, juga akan menghindari kesan tercecer dan berantakan pada kamar mereka.

Tempat penyimpan seperti ini bisa juga digunakan untuk barang-barang lain, misalnya, sepatu. Anda tidak mungkin menyimpan sepatu di luar pintu, karena berisiko hilang, rusak dan berantakan. Sebaiknya simpan sepatu di lemari dinding yang dibuat selebar sepatu. Bisa di koridor atau tempat tertutup di kamar tidur.

Penggunaan perabot yang berukuran sedang akan sangat membantu menimbulkan kesan luas pada rumah anda yang mungil. Anda juga bisa memanfaatkan furnitur built in yang dibuat sampai setinggi plafon. Sebaiknya furnitur sudah diukur dan dirancang dari awal pembangunan. Setiap centimeter di apartemen amat berharga. Gunakan warna terang untuk membuat ruangan terasa lebih luas.

Anda juga bisa menerapkan multifungsi ruangan. Apabila anda tidak mempunyai ruangan untuk keluarga, anda bisa menggabungkannya dengan ruang tamu atau ruang makan. Menggunakan sistem dinding terbuka pun baik, agar ruangan terlihat lebih luas. Misalnya, membuka sekat dinding antara dapur dengan ruang makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *