Tips Mengakali Ruang Kerja Yang Sempit

ruko2 2

Pemilihan, penempatan, serta penataan furnitur dan berbagai detail ruang yang tepat, membuat ruang kerja yang sempit akan terasa lebih nyaman. Jika ruang kerja berukuran 3,4m x 3,6m, tentu tidak terlalu luas, namun demikian kita bisa maksimalkan pemakaian ruangan dengan furnitur yang ramping dan penambahan cermin.

Meja kerja yag biasanya berukuran besar dan lebar, bagian itulah yang sebaiknya “dirampingkan”. Caranya meja hanya ditopang dua kaki pada satu sisi, sedangkan sisi lain tempelkan pada tembok. Ukuran kaki-kakinya pun lebih ramping, karena menggunakan besi hollow, yang dibentuk seperti bingkai.

Rak buku yang biasanya juga memakan tempat, ditempel di tembok. Kita akali dengan rak atas memiliki dimensi terbuka yang besar agar buku atau benda lain yang sering digunakan mudah dikenali. Sedangkan rak bawah memiliki pintu tanpa handel, untuk membukanya cukup dengan menarik sisi bagian bawah daun pintu.

Di antara rak atas dan bawah, pada dinding yang memanjang, dipasang cermin. Pemasangan cermin ini juga salah satu rahasia, membuat ruangan jadi terasa lebih luas dan lega. Untuk aksesoris, seperti lukisan, tidak digantung seperti biasa. Melainkan diletakkan di lantai dan disandarkan pada tembok, agar mudah dipindahkan.

Selain itu, kita taruh sebuah sofa bed. Sofa yang sekaligus berfungsi sebagai ranjang mini, berukuran 200cmx120cmx40cm. Bagian ujung kiri dan kanan sofa dapat ditekuk dari 15, 45, hingga 180 derajat. Jika dibutuhkan, kita dapat membuka sandaran, ketika sudah tidak digunakan, kita tinggal menutupnya kembali.

Kita juga harus hindari penggunaan warna gelap pada lemari atau rak yang menempel di dinding. Warna-warna terang dapat menciptakan kesan yang lebih ringan dan luas. Furnitur-furnitur lain yang tidak menempel pada dinding, harus dibuat multifungsi, sehingga pemakaian ruang juga lebih efisien.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Required fields are marked*