Bosan Dengan Suasana rumah Anda Simak Tips Berikut

Bagaimana cara agar membuat suasana rumah anda tidak membosankan? Biasanya membuat rumah kembali terlihat cantik dan nyaman dengan merenovasi rumah seperti memperbesar rumah, menambah lantai, mengganti cat, mengubah fungsi ruang atau menambah interior. Padahal merenovasi juga bisa dilakukan dengan hal sederhana yang bisa mengubah suasana rumah secara keseluruhan. Untuk itu maka dibutuhkan keterampilan dalam mengatur komposisi perabotan yang ada pada ruangan dan diperlukan ketepatan dalam mengatur isi rumah. Susunan ruang harus diatur sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah itu sendiri.

Berikut ini tips yang harus diperhatikan ketika menata ruangan untuk membuat suasana rumah tidak membosankan.

Memanfaatkan sudut sisa

Tanpa disadari ada banyak sudut sisa yang dibiarkan begitu saja dan tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pemilik rumah. Seing kali area di bawah tangga tidak dihiraukan dan tidak difungsikan untuk hal yang lebih berguna. Untuk memanfaatkan blank space atau sudut sisa seperti pada area di bawah tangga, Anda bisa menyulapnya menjadi rak buku, lemari sepatu, toilet ataupun gudang. Dengan begitu semua sudut yang ada di rumah Anda memiliki nilai guna yang bermanfaat.

Membuat ruangan terkesan luas

Pengaturan ruangan yang tepat akan menciptakan kesan luas pada ruangan. Jika Anda memiliki rumah yang tidak terlalu besar, Anda bisa menerapkan konsep open plan, yaitu menggunakan satu ruang untuk berbagai fungsi. Misalnya Anda bisa menggunakan ruangan yang sama sebagai ruang keluarga, ruang makan dan pantri. Hal ini akan membuat rumah Anda terkesan luas. Dan untuk membedakan fungsinya, Anda bisa menambahkan sentuhan warna pada dinding antar ruang.

Susun ruang sesuai dengan kebutuhan Anda

Jika Anda merasa bosan dengan susunan ruang yang monoton dan tidak berubah, disinilah waktu yang tepat untuk menata susunan ruangan anda kembali. Tentukan apakah ada barang yang perlu ditambah atau dihilangkan dalam ruangan. Hal utama yang perlu diperhatikan dalam menata ruang adalah harus didasarkan pada skala prioritas. Aturlah layout ruang sesuai dengan kebutuhan, namun jangan sampai pengaturan tersebut mengganggu alur ruangan lainnya. Hal ini bertujuan agar penghuni rumah nyaman ketika melakukan aktivitas di dalamnya.

Instalasi air dan listrik

Ketika mengubah susunan ruang, tentunya Anda harus memperhatikan instalasi air atau listrik yang ada pada ruangan tersebut. Pastikan berbagai instalasi aman dan rapi agar tidak mengganggu tampilan ruangan serta memudahkan perbaikan jika terjadi kerusakan.

Gudang

Gudang merupakan ruang penting yang harus ada pada setiap rumah. Gudang berfungsi untuk menyimpan barang-barang yang tidak diperlukan agar rumah selalu terlihat rapi. Sekecil apapun rumah Anda, sisakan sedikit lahan untuk gudang dan ruang servis.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *