ShutterStock

Kadang perlu kesabaran dalam menjual properti, gampang-gampang susah. Menjual properti yang berkualitas pun kadang tidak semudah yang dibayangkan. Nah mungkin kiat dibawah ini bisa membantu anda dalam mempraktikan menjual properti secara efektif :

Lokasi dan Lingkungan
Saat memasarkan properti, Anda harus mengeksplorasi lokasi dan fasilitas-fasilitas yang ada. Apakah sudah strategis, misalnya di dekat rumah ada supermarket, sekolah, dan lingkungan yang bagus.

Renovasi
Saat memasarkan produk properti, jangan lakukan renovasi terlalu banyak. Tujuan menjual adalah untuk mendapatkan uang, sedangkan renovasi akan mengurangi keuntungan. Lakukan renovasi cukup membuat rumah tampak indah dilihat.

Harga Kompetitif
Harga yang kompetitif sangatlah berpengaruh, karena harga di bawah pasaran akan merugikan penjual, sementara harga di atas pasaran membuat properti susah untuk terjual. Namun, menentukan harga yang kompetitif bukanlah sesuatu yang mudah. Anda harus mencari info harga properti di wilayah sekitar, lalu menempatkan harga yang kompetitif berdasarkan rumah yang sudah atau sedang dijual. Dalam hal ini, agen properti bisa banyak membantu Anda.

Legalitas Surat
Kelengkapan dan keabsahan surat-surat seperti Girik, Hak Pakai, Hak Guna Bangunan harus diperiksa dengan teliti. Baik pembeli dan penjual juga harus mengerti perbedaan fungsi surat-surat tersebut. Dalam hal ini, jasa notaris bisa digunakan.

Media Promosi
Iklan di koran atau memasang spanduk bukan lagi pemasaran yang optimal. Apalagi sekarang jaman sudah modern dan canggih, segalanya bisa dilakukan dengan teknologi seperti pemasaran lewat media online contohnya Selhos.com

Teknis Pembayaran
Teknis pembayaran sering menjadi masalah, bahkan tak jarang membuat transaksi batal. Untuk mencegah terjadinya masalah dalam pembayaran, sebaiknya gunakan bantuan notaris untuk membuat perjanjian proses pembayaran, seperti berapa kali dan kapan pembayaran dilakukan, serta denda apa yang dikenakan jika salah satu pihak melanggar kesepakatan.

Jasa Agen Properti
Bila penjual yang kurang memahami prosedur penjualan properti, sebaiknya gunakan jasa agen properti untuk menentukan harga yang kompetitif, cara pemasaran yang optimal, dan kerjasama dengan perbankan guna mendapat fasilitas KPR.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *