Punya Properti

Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan, puncaknya menurut keterangan BMKG akan terjadi pada pertengahan November 2015. Nah untuk menyambut musim hujan ini, Rumah anda harus sudah mengantisipasi dari hal-hal seperti bocor, rembesan ditembok dan lainnya.

Berikut tips bagian rumah mana saja yang harus mendapatkan perhatian khusus untuk segera direnovasi.

Atap rumah

Pelindung pertama dan paling utama dari sebuah rumah adalah bagian atap rumah. Untuk itu langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memeriksa genteng. Segera betulkan letak jika ada yang melorot dan segera ganti genteng yang sudah retak.

Jika menggunakan atap dari asbes atau beton, perhatikan dengan seksama, apakah ada retak di sana. Untuk retak lembut, Anda bisa melapisinya dengan pelapis anti bocor. Namun jika keretakannya besar, Anda harus membobok dan memplester kembali. Retak lembut memang tidak menimbulkan kebocoran secara langsung, namun air yang merembes akan membuat atap menjadi lapuk.

Plafon

Setelah genteng sekarang ke plafon. Perhatikan plafon Anda. Segera ganti jika ada yang mulai membusuk. Plafon bisa ambruk dan biaya perbaikan menjadi jauh lebih mahal jika tidak segera diganti.

Dinding

Setelah Anda mengatasi masalah di bagian penutup rumah, saatnya membereskan dinding. Kerok dan cat ulang jika dinding sudah berjamur. Dinding bagian luar wajib dilapisi pelapis antiair jika ingin memiliki dinding yang awet dan warna tetap segar. Jika terdapat keretakan pada dinding, Anda harus membobok dan memplester ulang sebelum mengaplikasikan pelapis antiair.

Lantai

Perbaikan jalan dengan menggunakan cor beton kerap dilakukan. Hal ini membuat permukaan jalan meningkat. Perhatikan tinggi jalan dengan lantai rumah Anda. Jika lantai rumah Anda lebih rendah, ada baiknya Anda merenovasinya sehingga saat hujan turun, air dari jalan tidak mengalir ke dalam rumah.

Saluran air

Periksa saluran air limbah di depan rumah Anda. Bersihkan kotoran yang ada di dalamnya agar air tidak tersumbat dan menyebabkan banjir.

Lampu penerangan di luar rumah

Periksa kabel-kabel yang terhubung ke berbagai peralatan listrik di luar rumah, termasuk lampu penerangan. Jika ada yang terkelupas segera lapisi, karena kalau kita lalai jika terkena air bisa menyebabkan arus pendek atau korslet bahkan anda bisa tersengat listrik.

Jika masih menggunakan arus AC untuk peralatan di luar ruangan, ada baiknya diganti dengan arus DC agar lebih aman.

Konsultasi dengan ahli

Setiap rumah memiliki karakter dan tingkat kerusakan yang berbeda-beda. Ada baiknya berkonsultasi dengan ahlinya agar tidak salah dalam memperbaiki hunian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *