rumah tumbuh2

Memiliki rumah adalah salah satu kebutuhan manusia dengan biaya yang relatif sangat besar. Dengan dana terbatas, perlu strategi untuk memilikinya. Salah satu strategi memiliki rumah dengan dana yang terbatas adalah membangun rumah tumbuh. 

Rumah tumbuh adalah sebuah konsep rumah yang direncanakan untuk tumbuh di kemudian hari. Membangun rumah sesuai budget terlebih dahulu, tetapi desain rumah sudah disiapkan untuk pembangunan di kemudian hari. Rumah dibangun secara bertahap sesuai ketersediaan dana. Misalkan saja, saat ini membangun untuk 1 kamar, beberapa tahun kemudian dikembangkan menjadi 3 kamar apabila dana telah mencukupi.

Rumah tumbuh ada 2 macam yakni rumah tumbuh vertikal dan rumah tumbuh horizontal. Rumah tumbuh vertikal adalah rumah yang direncanakan tumbuh ke atas, bisa jadi karena lahannya sempit atau memang keinginan pemilik. Sedangkan rumah tumbuh horizontal adalah rumah yang direncanakan tumbuh ke samping, bisa karena lahannya relatif lebih luas.

Persiapan dana untuk pembangunan rumah tumbuh vertikal relatif lebih tinggi dibandingkan pembangunan rumah tumbuh horizontal. Hal ini disebabkan karena persiapan pondasi yang lebih dalam untuk rumah tumbuh vertikal dibandingkan pondasi rumah tumbuh horizontal.

 

Untuk memulai, konsultasikan dengan perencana rumah Anda agar tidak terjadi pemborosan dana di kemudian hari. Jadi kapan bangun rumahnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *