ruko2 2

Di beberapa wilayah sering kali kita menjumpai ruko atau rumah toko yang kosong melompong. Seperti tidak ada penghuninya. Seperti tidak dimiliki. Padahal sudah ada pemiliknya. Hanya saja tidak digunakan, hanya disewakan. Disewakanpun belum laku-laku juga. Berikut ini beberapa solusi alternatif agar ruko cepat laku disewakan!

  1. Disewakan Dengan Cara Bayar Berjangka. Bila masih mau rukonya disewakan, berikan kemudahan cara bayarnya. Misal sewa ruko bisa diangsur dalam tempo 3 bulan sekali dengan catatan minimal sewa 2 tahun. Silahkan temukan cara kreatif cara bayar lainnya.
  2. Buat Bisnis Sendiri. Daripada tidak laku-laku, mengapa tidak disewa sendiri alias dibuat sebagai tempat bisnis sendiri. Biaya sewa dibebankan dalam start up capital yang kelak akan mengurangi profit. Toh biaya sewa masuk kantong sendiri bukan?  Dan Anda bisa bebankan sewa semauanya sendiri. Dibebankan nol rupiah juga bisa. Dibebankan 3 kali lipat dari sewa wajar juga boleh.
  3. Kerjasama Dengan Bisnis Orang Lain. Bila Anda bukan tipikal pebisnis, Anda tipikal investor, maka sebaiknya Anda bekerjasama dengan teman atau saudara yang tipikal pebisnis. Ajak mereka gunakan ruko yang anda miliki. Biaya sewa ruko menjadi investasi Anda ke dalam bisnis teman atau saudara Anda. Anda akan menerima imbal balik berupa deviden. Untuk biaya sewa berikutnya, bisa dibebankan pada putaran bisnis yang sudah jalan. Modal awal Anda adalah sebesar biaya sewa ruko pada jangka waktu yang disepakati. Maka selain Anda berinvestasi dan nilainya bisa naik seiring perkembangan bisnis, Anda juga akan mendapat deviden. Dan portofolio bisnis Anda akan bertambah bukan?
  4. Dibuat Co Working Space. Ini barang baru, baru berkembang beberapa tahun belakangan ini. Menjawab kebutuhan para pebisnis memiliki kantor. Co working space yang disingkat CWS adalah semacam kantor bersama dalam suatu tempat. Untuk kegiatan ini, Anda membutuhkan tambahan modal untuk menset-up kantor di dalam ruko Anda. Ruko dibagi beberapa sekat dan disewakan per sekat untuk orang-orang yang membutuhkan. Ditambah lagi Anda bisa menyewakan alamat atau biasa disebut Virtual Office.

Semoga menginspirasi. Ada strategi lainnya? Silahkan share di kolom komentar!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *