komunikasi

Mana yang lebih enak didengar; “Hanya 80% bisnis yang dapat bertahan dalam 5 tahun pertama” atau “20% bisnis yang sukses dalam 5 tahun pertama”. Tentu secara manusiawi kita lebih suka mendengar yang kedua walaupun secara statistik kedua pilihan tersebut memiliki nilai yang sama, bukan persis. Pilihan pertama mengandung makna negatif sedangkan yang kedua mengandung makna yang lebih positif.

Walaupun anda menyukai pilihan kedua, sebagai owner/pemilik bisnis tahu bahwa kedua pilihan tersebut sama-sama mengandung “jebakan batman”. Anda harus tahu betul kondisi ini karena anda adalah pemilik bisnis bukan lagi seorang manajer.

Jika sudah berhadapan dengan kondisi seperti ini maka anda tidak perlu melakukan pembingkaian dalam berkomunikasi. Anda hanya perlu mengatakan apa adanya di rapat dewan direksi tentang segala kemungkinan ancaman, resiko atau apapun namanya yang dapat muncul kapan saja. Anda hanya perlu mengatakan bahwa ini dapat menjadi taruhan besar jika dewan direksi mencoba untuk bermain-main dengan kondisi seperti ini. Singkat kata, sejenak anda tidak perlu menjadi motivator.

Anda tidak perlu trust didepan. Trust dengan sendirinya akan hadir jika anda berhasil menyelamatkan perusahaan anda dari resiko yang menganga.

Mendaratnya pesawat komersil di tengah hutan kalimantan tidak perlu lagi dianggap sebagai “kemenangan industri penerbangan”. Gagal bayarnya seorang usahawan tidak perlu lagi dianggap sebagai “kemenangan yang tertunda”. Kegagalan dalam miliaran rupiah dalam inovasi produk tidak perlu dianggap lagi sebagai sebuah “tantangan masa depan”.

Gagal dalah gagal. Jika gagal maka anda akan masuk ke jurang yang dalam, yang bakal bisa membuat anda tidak akan bangkit kembali. Sungguh bijaksana Frederich Nietzche yang Agung, dia bilang; “Apa saja yang tidak bisa membuat aku jatuh tersungkur maka akan membuatku jauh lebih kuat…”. Tapi saya khawatir anda bisa jatuh tersungkur dan tidak bangun lagi..Salam

Adi Haryadi| www.nDalemgroup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *