model lingkar

Well, Anda temukan lahan yang bagus. Anda nego, ternyata pemilik lahan membutuhkan uang segera. Nah apa yang akan Anda lakukan? 1) Memaksakan negosiasi bayar mundur; 2) Mundur dari negosiasi; 3) Mencoba mencari investor yang mampu mengakuisisi lahan dan kemudian bekerjasama dengan Anda? Pilih cara yang mana?

Nah, kesulitan-kesulitan para pebisnis pemula antara lain adalah mendapatkan partner investor bisnis, membuka peluang pasar, membuka jaringan. Model Lingkar ini dibuat untuk memudahkan para pebisnis pemula menemukan jawabannya sendiri. Apa sih Model Lingkar itu?

Sederhana saja, Model Lingkar adalah lingkup lingkaran jaringan terdekat dari diri kita hingga jaringan terluar yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

Lingkar Satu adalah lingkaran terkecil dan terdekat dengan kita. Ada keluarga, saudara, keluarga besar. Mulai sekarang coba deh catat siapa saja keluarga Anda. Mulai dari bapak, ibu, saudara, paman, om, tante, bude, pakde, sepupu.

Kalau program KB (Keluarga Berencana) 2 anak cukup berhasil,  maka minimal Lingkar Satu Anda akan diisi dengan Bapak, Ibu, Kakek, Nenek, Saudara Kandung Anda. (5 orang). Ditambah Saudara kandung bapak  dan pasangannya berikut 2 orang anaknya (4 orang). Ditambah Saudara kandung ibu dan pasangannya berikut 2 orang anaknya (4 orang).  Bila Anda sudah menikah, berarti tambah 1 orang yakni pasangan Anda. Ditambah mertua Anda dan saudara pasangan Anda (3 orang). Ditambah kakek nenek dari pasangan Anda  (2 orang). Ditambah saudara kandung bapak mertua Anda berikut pasangannya serta 2 orang anaknya (4 orang). Ditambah saudara kandung ibu mertua anda berikut pasangannya serta 2 orang anaknya (4 orang).  Jadi bila total dijumlah ada 27 orang dalam Lingkar Satu. (Hehehe saya hanya sekedar membantu cara berpikir dan menghitung sederhana, untuk detilnya Anda hitung sendiri yah. hehehe).

Nah pertanyaan besarnya adalah apakah 27 orang tersebut pernah Anda tawari prospek bisnis?

Lingkar Dua adalah lingkaran berikutnya yakni teman sekolah, tetangga, teman main. Coba juga list dengan cara pertama terhadap Lingkar Dua Anda. Nah berapa banyak tuh?

Misal teman SD Anda satu kelas ada 25 orang, teman SMP satu kelas Anda ada 25 orang, teman SMA satu kelas Anda ada 25 orang. , teman satu jurusan di kampus Anda  ada 25 orang. Ditambah tetangga Anda yang akrab bermain dengan Anda misal 15 orang. Teman Anda berorgansisasi di luar sekolah dan kampung Anda misal ada 20 orang. Maka dalam Lingkar Dua minimal Anda memiliki 135 orang. Pertanyaannya adalah sudahkah 135 orang tersebut pernah Anda tawari prospek bisnis?

Lingkar Tiga adalah lingkaran referal yakni teman di social media, teman keluarga, teman dari teman anda, bisa juga komunitas di dunia nyata maupun maya. Dan ini jumlahnya bisa ribuan bahkan ratusan ribu dan jutaan. Pertanyaannya, apakah mereka tau bisnis Anda apa?

Saya jamin deh Anda tidak akan kekurangan nama untuk diprospek. Dan ingat, semua penjualan, semua prospektus karena adanya TRUST yang terbangun. Dan TRUST paling mudah bisa ditemui di LINGKAR paling dekat dengan Anda bukan. Sayangnya, sering melupakan dan hanya berproses kepada LINGKAR paling LUAR.

Namun yang paling utama ada God Ring alias lingkar Tuhan. Libatkan Tuhan di semua tindakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *