Tahun Ini, Lebaran di Rumah Siapa ?

Rumah lebaran

Tahun ini Mau lebaran dirumah siapa ?  dirumah orang tua atau mertua. Pertanyaan itu sering kali muncul menjelang lebaran tiba, terutama bagi pasangan muda. Syukur-syukur jarak keduanya dekat, sehingga tidak harus memilih mau dimana berlebaran nanti. Nah, yang jadi permasalahan, jika jarak rumah orang tua dan mertua berjauhan. Mau tidak mau harus memilih, apalagi dibatasi dengan waktu cuti, serta mahal dan ramainya transportasi di saat lebaran.

Mas Bayu 27 tahun, karyawan swasta di bilangan Sudirman, Jakarta. Yang sempat saya temui saat berbincang dengan sales Perumahan Pagentongan Residence Bogor, Minggu (05/07/2015)  bercerita ” Tahun ini saya sama istri malah gak pulang kampung, rumah orang tua saya di Padang sementara rumah orang tua istri di Surabaya, kalau tahun lalu sih kita ke Padang. Rencananya tahun ini gantian di rumah mertua, tapi apa mau dikata, kita sudah kehabisan tiket kereta ke Surabaya, kondisi finansial juga lagi gak memungkinkan” ujar Mas Bayu yg baru menikah 1,5 tahun ini.

Pulang ke rumah tempat kita dilahirkan pada saat hari raya tiba, memang budaya bahkan menjadi keharusan bagi kebanyakan orang, atau yg lebih dikenal dgn istilah “mudik”.  Menurut Mentri Perhubungan, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan sekitar 20 juta orang.

Menutup pembicaraan singkat saya dengan mas Bayu, dia menambahkan “Alhamdulillah mas, mertua saya pengertian, malah kalau gak sempat pulang kampung tahun ini, disarankan uang nya ditabung tuk nambahin DP rumah, makannya saya tanya-tanya dulu nih kesini”.

Saya pikir ada benarnya juga, selain pulang ke rumah di kampung halaman, kita sendiri juga harus mempersiapkan rumah, tuk didatangi anak cucu kita kelak saat lebaran tiba nanti.

Salam

 

Arief Budiyanto-AriefBudiyanto.com

 

Leave a Reply

Required fields are marked*