Pemerintah Usahakan IMB Perumahan Tidak Perlu AMDAL

Legalitas Perumahan, IMB dan Amdal

YukBisnisProperti.org – Pentingnya sektor properti dalam peranya mendongkrak dan mempertahankan stabilitas ekonomi negara, saat ini pemerintah tengah mengusahakan kemudahan bagi para pelaku usaha pengembang, salah satunya adalah penghapusan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) atau Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL).

Hal tersebut dinilai merupakan langkah positif, hal ini diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia Eddy Ganefo. Usulan tersebut adalah langkah yang positif. Mengingat, Amdal sudah dilakukan saat kepengurusan izin lokasi. Katanya.

dikutip dari Kompas.com Eddy juga menuturkan “Sebaiknya memang harus dihindari pengurusan dokumen sampai dua kali atau lebih,” Ahad (5/7/2015).

Seperti kita ketahui bahwasanya selain membutuhkan biaya yang cukup tinggi, jangka waktu kepengurusan Amdal cukup lama dan membuang waktu, kepengurusanya-pun dapat menghabiskan waktu hingga sekitar tiga bulan, meskiun tidak jarang yang mampu diurus dalam jangka waktu satu bulan saja.

“Jangan juga dipaksakan permintaan Amdal untuk usaha atau industri yang limbahnya tidak berbahaya. Sementara untuk perumahan seharusnya tidak perlu Amdal,” kata Eddy.

Namun harus tetap disadari, Amdal tetap memegang peranan penting saat berhadapan dengan pelaku usaha atau industri yang menghasilkan limbah berbahaya di lingkungan sekitarnya, Imbuhnya.

Saputra Wijaya/Ybp.

Leave a Reply

Required fields are marked*