Bellazona-3

Tantangan dalam bisnis Properti semakin besar, apalagi untuk menemukan tanah yang layak kelola tidaklah semudah 5 tahun ke belakang, semua hal itu menuntut kita untuk lebih kreatif lagi, perpaduan kreatifitas dan intuisi bisnis sangat diperlukan jika kita ingin tetap survive dalam bisnis ini.

Beradaptasi

Waktu terus berjalan, kita dituntut untuk beadaptasi dengan perubahan, termasuk perubahan tersedianya bahan baku (berupa lahan) maupun perubahan pola ekonomi masyarakat. Perubahan diri tersebutlah yang akan membuat kita mampu bertahan, pada suatu dekade memang akan ada yang tumbang dalam perjalanan bisnisnya, namun kita harus memastikan bahwa kita tidak termasuk di dalamnya.

Perbarui Strategi

Strategi yg kita miliki saat ini, sebagus apapun pasti akan ada masa berakhirnya, pasar selali berubah, lajur ekonomi tidak stagnan, seringkali ilmu yang sangat dahsyat sebelumnya akhirnya mental dengan begitu saja pada saat dijalankan pada proyek selanjutnya, solusinya selalu update ilmu dari berbagai sumber, komunitas, workshop, diskusi dan sebagainya. Semakin banyak pendapat yg kita tampung akan semakin baik, karena semakin banyak pula inspirasi yang akan muncul.

Konsistensi

Seringkali di luar sana, beberapa orang ingin menghentikan laju bisnisnya hanya karena tantangan yang semakin besar, jika hal ini turut kita lakukan, justru akan semakin besar lagi masalah yang akan kita temui, tidak mudah untuk meraih pencapaian saat ini, dan jika kita memutuskan untuk membuat bisnis yg baru, bukankah itu mulai dari “nol” lagi? Pasti itu hal yg tidak mudah.

Semua bisnis pasti mengali fase-fase sulit, jika hal ini terjadi pada bisnis batu Anda, apakah ingin berganti bisnis lagi nantinya ?. Jika memang alasan Anda adalah peluang di bisnis lain, kenapa tidak mencoba menjalankan bisnis lain tersebut tanpa meninggalkan bisnis lama Anda?. Jika belum mampu, mungkin Anda belum saatnya berekspansi ke bisnis baru. Don’t be greedy 😀

Berpikir Positif

Pada pangkal dan ujungnya, memanglah yang akan menjembatani kita untuk mampu bertahan adslah pola pikir positif, tetaplah yakin jika Akan tetap ada yang bertahan, bahkan meraih puncak kesuksesan meski dalam keadaan paling sulit sekalipun.

Semoga dengan apa yang terjadi dalam perjalsnan bisnis properti kita, dapat meningkatkan daya juang dan kreatifitas kita pula.

Saputra Wijaya | www.SaputraWijaya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *