Punya Properti

Sistem saja tidaklah cukup. Anda membutuhkan manusia-manusia yang juga mampu mengoperasikan sistem yang baik tersebut untuk menjadi lebih baik lagi. Selesai?. Jawabannya Belum.

Anda sebagai owner yang start up perlu bahkan untuk ikut berperan aktif terlibat penuh dalam proses teknis sampai pada tahapan pengambilan keputusan. Anda perlu mendisiplinkan diri agar tidak kemudian menjadi salah paham bagaimana mengelolah bisnis yang sedang start up.

Selain itu mengapa anda juga perlu berinteraksi penuh dengan bisnis anda bahkan dengan para operator bisnis anda?. Tidak lain tidak bukan adalah agar anda mengetahui semua proses bisnis yang sedang berjalan. Jangan sampai target bisnis yang anda/manajemen canangkan kepada divisi penjualan tiba-tiba berubah menjadi target pribadi sang operator. Jangan sampai fenomena ini muncul; ‘manggambar sasaran pada target’ yaitu target bersama kemudian secara perlahan menjadi target pribadi sang operator tanpa anda sadari.

Anda hanya perlu menyediakan waktu (tidak peduli anda adalah pemegang saham mayoritas) untuk mengawasi kinerja karyawan. Kuasai ilmu pemasaran jika anda tidak mau tertipu oleh operator sales anda. Apa itu Database?; Pipeline?; Prospek?; Closing?. Sebab yang pemilik bisnis tahu biasanya hanya Closing saja.

Anda hanya perlu menetapkan sasaran bersama sekaligus mengetahui bagaimana cara mendapatkannya. Anda hanya perlu paramater kok..

Adi Haryadi| www.nDalemgroup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *