Memilih Warna Ruangan Yang Sedap Dipandang

ilustrasi : zackbenson.com

Warna interior rumah dapat mempengaruhi suasana ruangan dan emosi penghuninya, seringkali sebuah ruangan terkesan dingin, sejuk bahkan sumpek saat ditempati, oleh karena hal tersebut ada baiknya Anda kenali warna-warna yang tepat untuk menghiasi ruangan Anda.

Berikut adalah contoh kombinasi warna yang bisa Anda pelajari saat akan memilih warna yang sesuai untuk interior.

 

1 Monokromatik

ilustrasi : www.terrysfabrics.co.uk
ilustrasi : www.terrysfabrics.co.uk

Sesuai dengan penamaanya yaitu “mono” sudah dapat ditebak bahwasanya perpaduanya berasal dari warna-warna sejenisnya, namun diaplikasikan dengan intensitas yang berbeda sehingga gradasi yang terciptan dari kombinasi warna ini terkesan lebih halus.

2. Analog

ilustrasi : zackbenson.com
ilustrasi : zackbenson.com

Skema warna analog merupakan kombinasi dua warna yang bersebelahan, jika dibandingkan monokrom, skema analog telah menyajikan kontraksi warna namun masih terkesan halus.

3. Triad

ilustrasi : syndicate.details.com
ilustrasi : syndicate.details.com

Jika dibandingkan denganAnalog, triad merupakan teknik kombinasi warna yang lebih berani, menyajikan kontraksi dari tiga warna yang bersebelahan, kesan kontras dari skema warna ini-pun mulai terasa.

4. Komplementer

ilustrasi : www.cbpofarizonainc.com
ilustrasi : www.cbpofarizonainc.com

Merupakan cara memadukan warna yang cukup berani, pasalnya di sini kita memadukan warna-warna ysng bersebrangan, skema warna ini sangat kontras dan terkesan saling melengkapi, seperti kuning dengan ungu, merah dengan hijau, atau biru dengan oranye.

Bagaimana ? sudah temukan inspirasi warna yang cocok untuk ruangan Anda ? Selamat mencoba…

Saputra Wijaya | www.SaputraWijaya.com

Leave a Reply

Required fields are marked*