Ini Cara Penyelamatan Kredit Macet

KREDIT BANK

Sedang mengalami kredit macet di bank atau sedang batuk-batuk kesulitan angsur kredit? Tidak perlu panik, tenangkan diri dan jangan menghindari bank. Segera hubungi analis kredit Anda dan terbuka saja tentang kendala yang dihadapi. Bilamana kendala Anda karena kondisi makro ekonomi atau ada gagal bayar dari pemberi kerja, sampaikan saja.

Menurut Ibu Retno Pratiwi Pimpinan Kantor Cabang Pembantu Bank DKI Pondok Kelapa, beliau menyampaikan 3 hal yang bisa dilakukan bila mengalami kendala kredit macet sebelum dalam kondisi terpaksa harus menjual aset.

“Bila masih memiliki kemampuan bayar, Bank bisa lakukan apa yang namanya reschedulling alias penjadwalan hutang,” terang bu Eno panggilan akrabnya mengenai langkah pertama.

Bilamana kemampuan bayar hampir tidak ada, tetapi masih bisa diselamatkan, maka disarankan untuk melakukan Restructuring atau restrukturisasi hutang.

“Maksudnya retrukturisasi adalah hutangnya diperpanjang disesuaikan dengan kemampuan saat ini,” lanjut bu Eno

Satu lagi solusi selain menjual aset adalah Refinancing. Refinancing dilakukan melihat kondisi seringkali ditemukan kegiatan operasionalnya bagus tapi kreditnya sudah batuk-batuk. Solusi hal ini masih bisa ditambahkan modal lagi dengan metode Refinancing.

“Jual aset itu langkah terakhir. Yang penting bila memiliki hutang bank dan mengalami kegagalan usaha. Jangan lari, temui analis bank anda. Kita bantu carikan solusinya.”, tutup Bu Eno

 

Leave a Reply

Required fields are marked*