Begini Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sebenarnya apa itu rasa percaya diri ?

Sebuah sikap dari seseorang dalam menilai segala hal yang bernilai positif, terutama dirinya sendiri. Rasa percaya diri merupakan modal dasar bagi setiap manusia untuk melakukan segala hal dan memenuhi kebutuhan diri sendiri.

Membentuk Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri dapat dilahirkan dan dikembangkan pada diri, dapat dibentuk dan diarahkan, salah satunya melalui rutinitas yang dijalankan. Perhatian, dukungan dan kasih sayang dari keluarga dan orang sekitar akan berpengaruh terhadap rasa percaya diri yang terbentuk.

Hal yang lebih penting untuk membentuk rasa ini adalah semakin eratnya rasa percaya kepada sang pencipta, intensitas hubungan vertikal kepada-Nya terbukti mampu menambah cukup banyak rasa percaya diri.

Hal-hal lainya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri antara lain :

1. Menerima diri sendiri.

Menerima dan bersyukur akan keadaan diri adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri.

2. Tidak selalu membandingkan diri dengan orang lain.

Membandingkan keadaan diri dengan orang lain, biasanya hanya akan menambah rasa minder, apalagi kita membandigkan diri dengan orang yang lebih dulu mencapai kesuksesan di bisnis properti ini. Membandingkan boleh saja asalh seimbang, antara membandingkan dengan mereka yang di atas dan di bawah kita.

3. Yakin dengan kemampuan yang dimiliki

Seringkali rasa minder hadir hanya karena ketidak yakin akan kemampuan yang dimiliki, padahal sebenarnya untuk menjalankan sebuah bisnis properti kemampuan yang dimiliki sudahlah cukup.

4. Berpikir positif

Berpikir positif selalu dibutuhkan dalam segala hal, berpikir hal-hal negatif justru tidak akan menambah solusi dan peluang dalam bisnis ini, kebalikanya justru akan menggerogoti rasa percaya diri yang ada.

5. Jauhi rasa khawatir berlebihan

Rasa khawatir memanglah perlu apalagi saat perncanaan, karena dengan adanya rasa khawatir justru kita akan mampu mencari inovasi solusi dari resiko yang akan terjadi sebelum bisnis sebelumnya dijalankan. Namun perlu kita garis bawahi rasa khawatir yang berlebihan justru akan membuat ketakutan untuk melangkah.

6. Sikapi semua hal seperlunya

Dalam menyikapi semua hal, cukup seperlunya saja, tidak perlu berlebihan ataulebay, termasuk terlalu puas dengan prestasi ataupun membanggakan diri, kebalikanya terlalu menyepelekan kemampuan diri sendiri akan membuat rasa percaya diri tergerus.

Masih banyak hal yang kita ketahui akan menambah rasa percaya diri, kita dapat mengembangkanya melalui pengalaman kehidupan sehari-hari dan hasil bertukar pikiran dengan orang lain.

Selamat Percaya Diri. 🙂

Saputra Wijaya | www.SaputraWijaya.com | www.CirebonRealty.com | www.KinaraPuriCirebon.com

Leave a Reply

Required fields are marked*