Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Second

FOTO CARAKA JPG 2

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok, terlebih ketika anda sudah mempunyai keluarga. ada banyak tipe dan kelas rumah yang ditawarkan oleh pengembang di kota Anda akan tetapi membeli rumah bekas dapat menjadi pilihan yang cukup menarik.

Rumah berbeda dengan mobil dan liabilitas lainya, jika kita berpikir bahwasanya rumah bekas lebih murah dari rumah baru maka kita perlu memahami bahwasanya harga rumah tidak ditentukan oleh baru dan bekasnya namun dari banyak hal seperti lokasi, luas tanah dan bangunan, lingkungan sekitar dan fasilias umum, nah berikut ada tips bagi Anda yang ingin membeli rumah bekas/second :

1. Tentukan harga yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Jika anda menginginkan sebuah rumah bekas, tentu anda sudah menyiapkan budget terlebih dahulu. Setelah anda menemukan rumah yang sesuai dengan budget yang anda miliki, sesuaikan pula jumlah keluarga anda dengan luas rumah tersebut. Jangan sampai rumah yang akan anda tempati tidak sesuai dengan jumlah keluarga anda.

2. Periksa Kembali Kondisi Fisik Bangunan.

Jika rumah yang anda pilih sesuai dengan budget dan keluarga, periksalah kondisi fisik bangunan rumah. Tanyakan umur bangunan, karena umur bangunan menentukan kondisi fisik bangunan, karena semakin lama umur rumah, maka kondisi fisik rumah semakin rapuh. Kemudian periksalah kondisi tembok, lantai, maupun pondasi, atau lingkungan fisik sekitar rumah, mungkin tejadi retakan yang dapat membuat rumah semakin rapuh. Periksa juga kondisi tembok, apakah ada rembesan air yang masuk kedalam rumah. Selain itu pemeriksaan struktur atap juga tak kalah penting, terutama atap yang masih menggunakan kayu, karena biasanya semakin lama umur kayu maka semakin rapuh.

3. Periksa Kembali Kelengkapan Dokumen Rumah.

Setelah kondisi fisik sesuai sengan keinginan, alahkah lebih baiknya anda periksa juga kelengkapan dokumen rumah. Baik itu Surat Hak Milik (SHM) dan Surat Ijin Mendirikan Bnagunan (IMB). Hal ini untukk mengjindari masalah hokum yang tidak di inginkan. Periksa pula kelengkapan rumah lainnya seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), tagihan listrik, ataupun tagihan air. Pastikan kewajiban tersebut sudah terbayar sebelum anda melakukan jual beli.

4. Periksa Kembali Kondisi Lingkungan Rumah.

Dapatkan informasi terkait kondisi lingkungan di sekitar rumah yang akan anda beli, terutama masalah keamanan. Selain itu lihat pula letak posisi rumah yang akan anda beli, apakah sulit diakses ataupun jauh dari fasilitas-fasilitas umum. Jangan sampai anda bersama keluarga seakan terisolasi dari dunia luar.

5. Gunakan Agen Properti Terpercaya

Pilihlah agen yang tepat dan terpercaya jika anda memang memerlukannya, namun alangkah lebih baik anda langsung menemui pemilik rumah karena anda dapat bertanya langsung tentang poin-poin sebelumnya.

Dengan membaca tips diatas semoga anda dapat menemukan rumah impian anda, namun jika anda belum mendapatkan seperti yang anda inginkan, mungkin anda harus sedikit bersabar karena tak banyak orang yang menjual rumah ke tangan kedua.

Saputra Wijaya | www.SaputraWijaya.com 😀

Leave a Reply

Required fields are marked*