4 Pilar Bisnis Yang Mutlak Diketahui

financial chart or diagram showing success in business

Bisnis Properti, ketika kata ini disebut apa yang terlintas di benak Anda? Mungkin ketika kata ini disebut anda akan segera berpikir untuk keuntungan yang besar atau bahkan proses yang komplek dan sedikit rumit? Ya memang sebaiknya semua kita pikirkan karena kita tidak boleh memandang sebuah bisnis dari segi kelebihanya saja, kita juga harus memandang sebuah bisnis dari sisi kekuranganya, untuk apa? Agar kita mampu mempersiapkan segala sesuatunya yang kemungkinan terjadi, entah itu baik maupun buruk.

Berbicara mengenai proses bisnis, ada konsep dasar yang cukup mudah untukm dipahami, konsep ini menggambarkan kerangka dari sebuah bisnis pada umumnya, kerangka apa sajakah itu?, mari kita simak ulasan berikut :

1. Sumber Daya Manusia

Pilar Bisnis yang pertama harus kita miliki adalah SDM, mengapa? karena sebagian besar proses dari sebuah kegiatan bisnis dilakukan dengan adanya Sumber Daya Manusia. sumber daya manusia adalah faktor utama dalam bisnis, tanpa SDM maka sebuah bisnis tidak akan mampu beraktifitas, termasuk kita sendiri merupakan bagian dari SDM.

2. Marketing

Marketing merupakan pilar yang tidak kalah penting, marketing mendominasi 80% dari berjalanya sebuah kegiatan bisnis, meski tidak bisa dilepaskan dari pilar-pilar lain, namun marketing-lah yang paling memiliki pengaruh akan berlangsungnya sebuah bisnis.

3. Finansial

Tidak dipungkiri bahwasanya dalam sebuah bisnis membutuhkan modal, baik itu berupa kas maupun aset, akan tetapi tidak hanya berhenti di situ sebuah bisnis juga memerlukan pengelolaan untuknya, termasuk mengatur cash flow agar sebuah bisnis tetap berjalan bahkan ber-ekspansi. serta mengatur adanya arus kas yang masuk di perusahaan dan mengendalikan arus kas yang keluar dari perusahaan.

4. Produksi

Tidak dipungkiri semua bisnis membutuhkan produksi terutama bisnis properti, produksi di sini tida melulu menciptakan barang dari suatu bahan tetapi produksi di sini adalah bagaimana kita mampu meiliki komoditas bisnis yang kita transaksikan, termasuk proses pengadaanya.

Begitulah induk pilar utama dari sebuah bisnis, berawal dari keempat faktor di atas kita akan mampu membuat pengembangan-pengembanganya.

Salam Sukses, Salam YBP.. hehe

Saputra Wijaya | www.SaputraWijaya.com

Leave a Reply

Required fields are marked*