Tips Memilih Ruko Untuk Investasi

Ruko (Rumah Toko) kini semakin banyak diminati masyarakat, baik itu untuk tempat usaha atau sekedar untuk investasi jangka panjang, bukan hanya konsumsi kota-kota besar saja, namun pertumbuhannya kini mulai marak di kota-kota sekelas Kediri, Madiun, dan Jember.

Tumbuhnya kawasan ruko-ruko baru ini tentunya merupakan suatu indikasi adanya pertumbuhan dunia usaha di daerah tersebut. Seperti di beberapa kota misalnya, kawasan Kampus merupakan salah satu kawasan yang paling menarik bagi para developer ruko untuk membuka kawasan komersial. Dalam waktu 3 – 4 tahun terakhir, setiap ada areal kawasan/kompleks ruko yang dipasarkan di daerah kampus, selalu SOLD OUT dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini menunjukkan kebutuhan properti untuk tempat usaha di areal kampus masih sangat tinggi.

Namun apabila kita memang ingin membeli rumah toko (ruko), ada baiknya anda memperhatikan tips memilih ruko  di bawah ini, yang mungkin membantu anda dalam menentukan pilihan lokasi dan harga.

1. Apakah tujuan anda membeli ruko??
Tujuan anda dalam membeli ruko juga menjadi salah satu faktor pertimbangan dalam membeli ruko. Apakah tujuan anda untuk Investasi, untuk digunakan tempat usaha, atau sebagai alat mendapatkan profit/capital gain saja. Setiap tujuan, memiliki pertimbangan yang berbeda dalam memilih lokasi dan harga. Konsultasikan kepada Agen Properti anda, untuk mendapatkan advice/saran terbaik dalam menentukan lokasi ruko yang akan anda beli

2. Perhatikan bisnis atau usaha yang sedang anda kerjakan, sesuaikan dengan lokasi Ruko yang akan anda beli.
Jika tujuan anda untuk membeli ruko sebagai tempat usaha, perhatikan lokasi yang anda pilih apa benar2 cocok untuk usaha yang anda jalankan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah pangsa pasar, operasional, dan regulasi atas bisnis apa yang anda jalankan. Jangan sampai ketika anda sudah beli ruko ternyata usaha anda tidak bisa dibuka karena terbentur masalah ijin usaha tidak bisa untuk di lokasi tersebut.

3. Tentukan bagaimana sistem pembayaran anda
Membeli Ruko Cash atau menggunakan KPR. Tentunya ini jg bisa dijadikan pertimbangan. Perhatikan Cash Flow bisnis anda, apakah memang mampu untuk digunakan membayar cicilan/angsurannya. Beberapa Developer bisa memberikan discount harga yang signifikan apabila anda membayar dengan sistem cash / cash bertahap. Diskon maksimal ini biasanya diberikan pada saat-saat awal dibangun

4. Pastikan anda mengetahui struktur pondasi / bangunannya.
Ruko (RumahToko) biasanya dibangun di sebuah kompleks. Sehingga kekuatan bangunan akan dibebankan secara merata kepada semua unit. Pastikan struktur pondasi yang dibangun memang sudah kuat untuk menopang seluruh beban unit ruko tersebut.

Jika memang tujuan anda membeli ruko untuk tempat usaha, membeli ruko pada saat ruko sudah jadi lebih disarankan. Karena anda bisa menilai kualitas kekuatan bangunannya. Memang biasanya jika membeli ruko pada saat sudah jadi, pihak developer tidak lagi memberikan diskon harga. Namun ini lebih disarankan untuk anda yang membeli ruko yang akan digunakan untuk usaha sendiri

Sumber  : Nuri Hendra – Direktur Utama NRP PROPERTY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *