Jpeg

Bambu yang banyak tumbuh di Indonesia, adalah jenis rumput liar. Dalam dunia properti, bambu , sekarang lebih sering digunakan untuk menjadi alat bantu dalam membangun dibanding menjadi bahan bangunan. Namun ternyata bambu bisa menjadi material bangunan yang tahan lama dan tahan gempa.

Mungkin sekarang ini lebih banyak orang memotong bambu daripada menanamnya. Karena di Indonesia bambu memang tumbuh berlimpah. Rumput yang sering diasosiasikan dengan mistik ini ternyata memiliki daya tahan yang luar biasa. Tentu dengan beberapa metode pengolahan yakni pengawetan dan laminasi.

Bambu adalah bahan yang sangat rentan terhadap serangan kumbang bubuk dan jamur. Tanpa pengawetan, produk dari bambu akan diserang kumbang bubuk dan jamur dalam hitungan bulan dan hanya mampu bertahan paling lama tiga tahun. Agar awet, seluruh pori-pori bambu, dengan tekanan, diisi oleh konsentrat garam dan asam yang telah teruji keampuhannya menjadikan bambu awet hingga berpuluh-puluh tahun.

Salah satu motor penggerak bambu adalah Bambubos.com yang didirikan oleh Jajang Agus Sonjaya di Yogyakarta. Bambubos memiliki workshop di Yogyakarta bekerjasama dengan Kelompok Tani Pring Panguripan, Kelompok Tani Bambu Tunas Karya, dan Gogor Park

Anda tertarik beralih ke bambu?

Ditulis oleh Ben Hashem | spedarodadua.com | Sumber Bambubos.com dan MoriscoBamboo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *