Property is A Journey

rumah di spanyolProperti adalah perjalanan, bukan tujuan akhir di dunia ini. Bisnis properti tak melulu harus menjadi developer. Baca lagi Kuadran Bisnis Properti. Developer bagi saya hanya batu loncatan untuk menuju babagan perjalanan baru dalam dunia properti.

Mengingat masih ada 15 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki rumah. Biasa disebut backlog rumah. Kita harus bantu mereka memiliki tempat tinggal.  Di satu sisi, untuk memenuhi tempat tinggal membutuhkan investasi yang besar dan dengan peraturan yang semakin ketat, belum lagi pukulan resesi ekonomi membuat para pengembang tiarap.

Namun sebagai pengusaha, tak boleh menyerah dengan keadaan. Masih ada peluang. Yakni menjadikan properti yang sudah dimiliki atau akan dimiliki menjadi properti produktif. Apa saja properti produktif itu?

  1. Kost2an
  2. Rumah petak
  3. Rumah disewakan
  4. Ruko disewakan
  5. Hometel
  6. Kondotel
  7. Hotel
  8. Mall
  9. Pasar
  10. dan lain-lain

Properti produktif adalah properti yang menghasilkan income rutin. Sangat berbeda dengan developer perumahan, yang mengandalkan capital gain (lebih banyak). Terus bagaimana polanya? Mari bandingkan dengan pola bisnisnya.

  • Developer – Beli, Bangun, Jual
  • Developer Properti Produktif – Beli, Bangun, Jual, Kelola
  • Properti Produktif – Beli, Bangun, Kelola atau Beli dan Kelola

Semoga pola diatas bisa menjadi acuan bisnis Anda atau step by step langkah berikutnya.

Final statement : Developer bukan tujuan utama, namun menjadi bagian perjalanan dari Properti. Property is a journey.

Comments

  1. Oh begituh toh,saat ini saya baru pada tahap,bangun kelola dan jual,kedepanya akan menjadi Developer produktif..thaks sobat,sukses selalu…

Leave a Reply

Required fields are marked*