Prediksi Bisnis dan Investasi Properti 2014

LOGO YBP HMKenaikan harga properti tak terkejar kenaikan penghasilan. Apalagi suku bunga BI naik dan diprediksi akan kembali naik menyusul merosotnya rupiah. Tentu saja suku bunga KPR akan meningkat pula.

Akibatnya di tahun 2014, diprekdisikan backlog rumah akan meningkat tajam dibanding tahun 2013. Saat ini saja diperkirakan 15 juta orang belum memiliki rumah. Dan setiap tahun bertambah 200ribu-500ribu orang.

Para pengembang akan “dipaksa” menurunkan segmentasi pasarnya ke pasar menengah dan bawah yang sebenarnya juga sudah penuh. Belum lagi peraturan perijinan yang semakin ketat. Mengakibatkan margin profit tipis.

Walau demikian, investasi properti tetap lebih menjanjikan dibandingkan dengan investasi lainnya. Karena “barang” akan semakin langka. Dan sesuai rumus ekonomi, barang yang langka, akan semakin meningkat harganya.

Hal ini mendorong para investor untuk memilih membangun atau membeli properti produktif seperti kost-kostan atau rumah kontrakan. Mengingat pasar pengguna properti yang tidak mampu membeli, akan memilih menyewa.

Perlu dukungan pemerintah untuk mendorong sektor properti terutama segmentasi rumah bersubsidi. Perlu stimulus yang lebih dari sekedar suku bunga tetap, kemudahan uang muka, pengurangan pajak. Misalkan saja pembebasan biaya perijinan, proses sertifikasi, pembangunan jalan, listrik, air dan fasum lainnya.

Semata-mata agar makin banyak orang yang mampu membeli rumah. Dan perekonomian kembali berjalan berlandaskan sektor riil.

Comments

  1. kebutuhan akan properti akan selalu ada tentunya..hanya saja di Indonesia ini kadang developer terlalu lebay dalam memberikan pasokan, terlebih developer sekarang ini makin banyak dan terus bersaing….jadi tetap saja ketika mau investasi Investasi properti itu menguntungkan tergantung lokasi, tipe propertinya, sama konsep, kalau dah expert bisa memperhitungkan kapan beli properti tersebut, bagaimana cara bayarnya, besaran ROI, serta kapan lagi kalau harus ngejual & hold.

    salam,
    RIFKI
    http://www.info-condotel.blogspot.com

  2. Bikin Perijinan pemda must terpadu , Dan disesuaikan tata ruang wilayah . Pada 2014 geliat pertumbuhan akan meningkat apabila pelaku ekonomi (developer atau sejenisnya seperti Tukang kapling siap bangun) bisa peka menganalisa segmentasi buyer untuk membuka areal lahan kecil atau besar ,sebelum membuka lokasi tempat Properti seperti ruko,rumah mewah atau setengah mewah,rumah menengah seperti mewah,atau rumah subsidi. Yang sangat jeli membaca calon keinginan para cal on Pembeli sekitar lokasi temp at dibangunnya Properti akan bisa melangkah pada tahap Properti selanjutnya .yang terbiasa mengasah / melatih felling menyajikan agar para pemilik uang mau membelanjakan / membeli properti ,, seorang pengusaha must I piawai dalam menyuguhkan barang dagangannya

Leave a Reply

Required fields are marked*