Urus IMBB Sendiri di Kota Jogja

Sesuai judul di atas, saya akan share mengurus IMBB sendiri di Kota Jogja. Pada awalnya saya ingin IMBB diuruskan orang lain alias saya kuasakan. Tetapi ada hasrat untuk kembali turun ke bawah, mengurus sendiri dan agar bisa berbagi cerita buat pada pembaca blog saya ini. Mau ya?! Untuk membangun rumah, tentu kita butuh IMBB alias Ijin Mendirikan Bangun Bangunan. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Pada tahap awal, siapkan fotokopi KTP. Fotokopi saja 10 kali. Insya Allah gak habis untuk dipakai. Fotokopi pula sertifikat tanah dimana bangunan akan dibangun. Foto tanah tempat rencana bangunan dari sisi kanan, kiri, depan dan belakang. Nah khusus yang bagian depan, foto dari 3 sisi. Sisi tengah, sisi depan kanan dan sisi depan kiri. Foto-foto ini berguna dikemudian hari.

001Datanglah ke Dinas Perijinan Kota Jogjakarta di Komplek Pemkot Jogja. Tepatnya sih di jalan Kenari 56. Bawa berkas di awal tadi, datangi loket Advice Planning. Anda mohonkan Advice Planning. Advice Planning ini semacam nasihat atau surat yang berisi apa saja yang wajib dipatuhi ketika Anda mengurus IMBB. Lihat gambar pertama untuk lebih jelasnya. Gak lama kok. Pada hari itu juga langsung bisa jadi dan diambil. Dan biayanya nol rupiah alias gratis.

Bersamaan dengan keluarnya Advice Planning, Anda akan menerima beberapa format surat pernyataan dan form isian. Nah apa saja yang perlu dipersiapkan pada tahap kedua setelah adanya Advice Planning?

Pertama siapkan gambar kerja. Apa saja gambar kerja itu? Standar saja dari arsitek. Denah, tampak, rencana saluran air hujan, titik lampu, pondasi, potongan, dll. Well saya gak mau membahas detil tentang ini. Next time aja ya.

Isilah form-form yang ada dan salinlah surat pernyataan-pernyataan yang ada. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

002003004005

 

 

 

Setelah disiapkan surat pernyataan dan form isian, mintalah tanda tangan ke tetangga. Tetangga kanan, kiri, belakang, depan. Bilamana tanah Anda berbatasan dengan jalan, maka tak perlu meminta persetujuan tetangga seberang tanah. Kosongkan saja.

Setelah tetangga menandatangani persetujuan, maka mintalah persetujuan dari ketua RT, ketua RW, Lurah setempat dan Camat. Berkas yang ada seperti KTP, Surat Pernyataan, Form Isian, Gambar denah rumah, Fotokopi sertifikat, Foto-foto lokasi sebaiknya dibendel menjadi satu. Tidak harus dijilid, cukup dibending saja.

Nah IMBB cukup diselesaikan di kecamatan apabila

  1. Bangunan tidak lebih dari 100m2
  2. Bangunan satu lantai
  3. Bangunan digunakan untuk tempat tinggal, bukan usaha

Bilamana tidak memenuhi syarat tersebut di atas, maka IMBB dikeluarkan oleh Pemkot Jogja melalui Dinas Perijinan.

006Di beberapa titik di kota Jogja, bilamana Anda akan membangun rumah, harus ada ijin dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Ketika saya tanya, apa fungsinya, dari Dina Pariwisata dan Kebudayaan menyampaikan bahwa agar langgam bangunan sesuai dengan cagar budaya setempat. Contoh saja wilayah Kotabaru, akan menjadi “rusak” bila ada bangunan Jawa di sana karena wilayah Kotabaru memiliki langgam Belanda. Dll.

Syarat mengajukan permohonan Ijin Cagar Budaya adalah Surat Permohonan, KTP, Gambar Denah Rumah.  Seperti apa sih Ijin Cagar Budaya itu. Lihat gambar ya.

Bila semua persyaratan sudah terkumpul dan maka tinggal persetujuan kecamatan untuk mengeluarkan IMBB. Petugas verifikasi akan mengunjungi lokasi dimana Anda akan membangun. Mereka akan mengukur dan melihat apakah lahan sesuai dengan yang disampaikan di dalam surat permohonan atau tidak.

Ada biaya administratif yakni Rp. 15.000,00 dikalikan luas bangunan yang direncanakan dibangun. Saya sendiri hanya habis 373.400. Total waktu yang saya butuhkan tidak lebih dari 3 minggu itupun karena ada satu minggu dimana saya tidak sedang berada di Jogja alias di luar kota. Bila dihitung efektif harinya dari saya memasukkan berkas di Dinas Perijinan sampai dengan selesai di Kecamatan tidak lebih dari 10 hari. Coba kita hitung, Advice planning 1 hari. Tanda tangan tetangga 1 hari. Tanda tangan RT, RW, Lurah 1 hari. Verifikasi lapangan 1 hari. Ijin Cagar Budaya 5 hari kerja (paralel setelah Advice Planning), IMBB Kecamatan 5 hari.

Mudah, Murah, Cepat asalkan kita tau jalurnya!

Comments

  1. Mantab! Artikelnya dijelaskan dengan baik dan sangat bermanfaat.. bolehkah saya share??

    1. boleh.. tapi sayangnya foto2 yang ada dalam artikel sudah tidak ada lagi dr sumber aslinya.

Leave a Reply

Required fields are marked*