Bingung Membagi Profit? Gunakan Model 4M!

Rumah Murah via LelangApa itu Model 4M? Yakni Mind, Market, Money, Management ini saya belajar dari @PakarSEO. Ini metode untuk membuat sebuah perusahaan. Mind dimana Anda memiliki ide bisnis. Market dimana Anda memiliki Pasar dari produk bisnis tersebut. Money dimana Anda memiliki modal kapital untuk menjalankan bisnis tersebut. Management dimana Anda memiliki kemampuan operasional menjalankan bisnis tersebut.

Berapa proporsi bagi hasilnya? Mengenai proporsi bagi hasil sebenarnya itu masalah kebijakan atau kesepakatan masing-masing share holder yang ada dalam usaha tersebut.

Bisakah seseorang yang memiliki MIND, juga menjadi MANAGEMENT dalam bisnis? Ya amat sangat boleh dan bisa. Tak hanya itu, Anda memiliki Mind, Market, Management itu sah-sah saja. Anda tinggal mencari orang yang memiliki Money. Atau sebaliknya.

Misalkan saja sebagai contoh sederhana. Ingat ya, contoh sederhana. Anda memiliki pasar atau Anda jagoan dalam marketing apapun. Kemudian Anda melihat peluang pasar. Misalkan saja Anda punya calon konsumen untuk Jasa Arsitektur. Anda memiliki MARKET. Berhubung anda bukan orang arsitektur, Anda mencari orang yang mampu menyelesaikan tugas dari klien. Anda mencari seorang arsitek. Berarti seorang arsitek tersebut memiliki MIND! Nah untuk seorang arsitek bekerja membutuhkan komputer spek tinggi dengan harga misalkan saja 10 juta. Anda dan teman anda yang arsitek, sama2 tidak memiliki uang sebesar itu. Maka Anda menggandeng teman yang memiliki uang sebesar 10 juta untuk membeli alat kerja. Teman anda yang memiliki uang mengambil porsi MONEY. Nah MANAGEMENT bagian siapa? Bisa saja Anda menunjuk orang untuk mengelola bisnis ini bukan?

Nah, contoh di atas adalah sekali lagi contoh sederhana. Anda bisa mengimplementasikan kurang lebih sama.

Jadi, Anda punya apa? MIND, MARKET, MONEY, atau MANAGEMENT?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *