Pilih Bikin Kost-Kostan atau Jadi Developer?

proudtoberealestatemarketingTanya : Mas, aku ada dana 800 juta. Enaknya untuk dibikin kost2an di Jogja atau main jadi developer?

Jawab : Model kost2an dengan model developer itu bukan apple to apple mas. Kost2an menghasilkan uang bulanan atau income periodik sedangkan model developer menghasilkan uang besar atau capital income. Monggo saja pilih yang mana yang sesuai kebutuhan.

Tanya : Sarannya?

Jawab : Saran pertama adalah disepakati dengan istri panjenengan (Anda) terlebih dahulu saja mas. Mana yang terbaik.

Nah, kalau saran profesional saya sih, karena panjenengan sudah punya income bulanan dari perusahaan, artinya income periodiknya sudah diperoleh sekarang tinggal mencari capital incomenya agar uang panjenengan tidak tergerus inflasi.

Apalagi dollar lagi naikn nih. Rupiah kita tidak makin tergerus nilainya. Mau pegang dollar, nanti juga bisa turun lagi. Mending ditanam di properti aja mas. Sudah terbukti sebagai investasi teraman walau tetap saja mengandung resiko.

Atau kalau mau displit 50:50. Yang 400 juta dimainkan di developer, yang 400 juta dibuatkan kost2an. Kalau duitnya kurang nanti bisa menggunakan leverage perbankan. Nyicil banknya dari penghasilan kost2an, tapi agar bisa disetujui oleh bank, dasar pengembalian dari income rutin panjenengan sekarang.

Monggo silahkan dipikirkan kembali. Shalat istikharah bila masih bingung mas. Petunjuk Allah itu amat sangat jauh lebih baik daripada petunjuk saya.

Penulis : Aryo Diponegoro | Founder YukBisnisProperti | AryoDiponegoro.com

Leave a Reply

Required fields are marked*