Norwegian-furniture-makes-split-levels-effective--665x399

Kerja di kota besar, meniti karir di kota metropolitan, lifestyle citzen, dan masih banyak alasan kenapa kita semua memaksa hidup dan tinggal di tengah kota besar ataupun kota metropolitan, tentu salah satunya keterjangkauan jarak ke tempat kerja dan fasilitas umum lainnya. Tapi,…..Ketika kota semakin padat, padat dan sangat padat, apa yang terjadi?? Kita dipaksa untuk hidup di lahan yang sangat terbatas, dan inilah tantangan yang harus di kelola karena harga tanah yang cukup tinggi di kawasan kota besar.

Kebutuhan jumlah keluarga yang bertambah, keterbatasan lahan bukan berarti tidak ada solusi, jika kita bisa mengelola dengan baik justru akan menjadi nilai positif dan simpel thing yang memberikan kemudahan buat pemiliknya, sama halnya ketika saya berkunjung ke rumah teman saya di Tangerang Selatan, yang notabene dengan lahan yang sangat terbatas karena belum dikelola dengan baik, maka rumah pun terasa sumpek, panas dan udara sama sekali tidak mengalir dengan maksimal. Tentunya anda tidak suka dengan permasalahan seperti ini bukan?? Ya, pengalaman adalah guru, hal ini membuat kita harus betul-betul kreatif dalam mengelola lahan yang kita miliki walau hanya 90M2 dan berada di lokasi yang tidak nyaman sekalipun.

Dengan lahan yang lebar depan hanya 5Meter Panjang ke belakang 9Meter, dengan jumlah 2 anak, dapur, garasi, ruang tamu, jemuran, ……eeemmmm coba diotak-atik bisa ketemu dengan pola denah seperti apa kira-kira???

Berikut Tip dan Trik:

1. Mengolah denah dengan optimal, sesuaikan kebutuhan ruang, perlu ruang usaha di sisi depan atau tidak, jika tidak cukup fungsikan sebagai garasi

2. Pencahayaan alami (bukaan cendela) jangan sampai salah meletakkan, dan maksimalkan

3. Pilih Furnitur yang simpel, dan kesan ringan, jauhkan bentuk-bentuk yang “jlimet” dan warnai ruang dengan warna terang dan segar, jika ada tangga maka maksimalkan ruang dibawah tangganya

4. Dan yang terakhir adalah dengan menambahkan elemen hiasan dinding pada bagian-bagian tertentu, misalnya lukisan minimalis, atau hiasan foto keluarga. Namun perlu di ingat, jangan sampai hiasan mengurangi artistik dalam ruang rumah anda.

Nah, kini rumah mungil dengan lahan terbatas sudah menjadi rumah dengan citarasa artistik tinggi dan menambah kenyamanan bagi penghuninya.

Wempi Roman, Arsitek | Owner RumahSukaSuka.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *