006 ATI SUCI MARGANING RAHAYUMempengaruhi orang lain untuk membeli, langkah pertama adalah membuat mereka nyaman terlebih dahulu. Tulisan ini hanya sekedar untuk mengingatkan saja. Mungkin Anda sudah melakukan, tapi mungkin belum paham esensinya. Atau mungkin Anda sudah jauh lebih berpengalaman. It’s OK. Silahkan dishare.

Langkah pertama ini adalah beberapa langkah sebelum Anda memasuki dialog penjualan. Apa saja itu?

Air
Apa maksudnya air? Air itu sumber kehidupan. Air menjadi terapi banyak agama. Berwudhu, baptis, dll. Unsur air ini sering dilupakan oleh para pemasar. Sifat air menenangkan juga menghidupi.

Aplikasi dalam pemasaran bagaimana? Paling sederhana adalah menyediakan air minum. Pemasar juga membutuhkan air untuk membasuh muka misalnya agar lebih terlihat segar. Tentu saja pemasar butuh mandi terlebih dahulu sebelum ketemu konsumen. :D

Wewangian
Udara adalah penghantar wewangian. Wangi adalah bentuk terapi. Bersifat menyembuhkan dan menenangkan, relaksasi, membuat nyaman. Beberapa agama menggunakan wewangian seperti dupa untuk beribadah. Dalam agama Islampun dianjurkan menggunakan wewangian sebelum shalat.

Langkah sederhana bagi pemasar sederhana saja, pakailah parfum yang wangi tapi tidak menyengat wanginya. Mungkin sebagai tambahan, ruangan pemasaran juga harus wangi. Entah dengan semprotan pewangi ruangan atau aroma terapi.

Suara
Musik bisa membuat kita terlena. Artinya suara bisa membuat kita merasa nyaman dan relaks. Sederhananya Anda menggunakan tekanan suara yang lembut. Lebih kompleks lagi, Anda bisa memutar alunan musik relaksasi di ruangan pemasaran Anda, atau suara alam, gemericik air, suara burung yang membuat kita relaks. Tentu saja tidak dengan volume tinggi bukan?

Contohnya Anda bisa memasuki toko Mirota Batik di Kota Jogja. Perhatikan cara penyambutan mereka. Ketika Anda memasuki tokonya, bau aroma terapi membuat kita senang. Karena wangi. Wangi membuat kita senang. Kemudian Anda mendengar alunan gending-gending Jawa. Ketahuilah, gending-gending JAWA itu dimainkan dengan tenang sehingga suasana yang terbangun juga lebih tenang.

Ketenangan dan kenyamanan dibutuhkan dalam setiap closing. Tiga unsur di atas membantu Anda sendiri juga konsumen merasa tenang dan nyaman.

Bisa jadi kita aplikasikan di kantor properti kita bukan?

 

Penulis : Aryo Diponegoro | Founder/CEO Yuk Bisnis Properti | AryoDiponegoro.com

2 thoughts on “Tiga Unsur Membuat Nyaman Konsumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *