SITEPLAN
bumi

Isu mutahkir yang saat ini memanas di belahan dunia manapun adalah Pemanasan Global, pastinya teman-teman semua sangat adaptif terhadap informasi tersebut, karena pemberitaan di media manapun pasti ada. Berbagai seminar dan pertemuan kelas Internasional untuk membahas hal tersebut, secara tidak langsung bahwa isu tersebut adalah menuntut diri kita sendiri bukan hanya institusi negara saja.

Sudah Banyak tindakan dan perbuatan dari teman-teman kita baik dalam negeri maupun di belahan negara lain untuk merespon isu tersebut, setidaknya semua masyarakat merasa bahwa semakin lama iklim kita semakin berbeda dengan puluhan tahun silam. Misalnya seperti disiplin Ilmu Arsitektur yang kami pelajari, merupakan suatu tuntutan untuk mendesain yang bisa membawa keberpihakan terhadap iklim kita.

Salah satu Standarisasi Dunia dalam suatu desain bangunan adalah “LEED”,  singkatan dari “Leadership in Energy & Environmental Design” yaitu sebagai “rating system” bangunan yang dikategorikan GREEN BUILDING dengan keabsahan yang diakui oleh dunia. LEED menyiapkan perlengkapan standarisasi bagi para pemilik & operator mengenai tingkat sustainablity bangunan, yang mengacu pada 5 ponit pokok;

-Sustainable site development   (Pengelolaan Lokasi, dan Lingkungan)

-Water saving  (Penghematan sumberdaya alam air)

-Energy efficiency  (Cahaya alami, Energi utama, Sumber-sumber energi)

-Material selection  (Daur ulang, Jarak asal material,

-Indoor environmental quality  (Pandangan keluar “view”, Sirkulasi udara)

Kemudian pengaruhnya terhadap kita apa sebenarnya? Sangat jelas sekali bahwa tindakan diatas berpengaruh terhadap kualitas hidup kita di dalam suatu bangunan dan di luar bangunan. Yaitu dengan memulai dari diri kita untuk semakin adaptif terhadap suatu desain yang peduli dengan Anda dan Lingkungan Anda. Kita semua adalah pemikmat arsitektur, dan melalui desainlah perlahan-lahan akan terasa hasilnya.

bersambung……

Taken from RumahSukaSuka.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *