Tanya Jawab : Mau ACTION, Stay Di Jakarta, Lahan Di Medan

tanya jawab proeprtiHalo Pak Aryo, Sebelumnya selamat untuk komunitas yg anda bina bisa konsisten selama 5 tahun ya. Nama saya T, saya baru saja bergabung dengan milis dan twitter anda.

Saya berencana untuk memulai bisnis saya pak. Modal awal saya adalah tanah milik keluarga yang berada di kota Medan seluas 9800m2. Saya sendiri berdomisili di Jakarta. Dan akan memulai proses perencanaan dan mencari investor utk pembangunannya. Pertanyaan saya adalah ;

  1. Tentunya saya mau bisnis saya menjadi bisnis yang serius. Jadinya saya berencana harus menyiapkan PT sejak awal. Tp saya tidak punya pengalaman mengurus administrasi, saya punya pengalaman kontraktor bangunan selama 4 tahun, tp tidak melakukan kegiatan administrasi yang baik. Apa saran anda mengenai hal2 yang minimal dimiliki oleh perusahaan properti pemula spt saya, khususnya dalam hal administratif. Misalnya ; seberapa perlu memiliki pegawai yg mengurus surat, mecatat dan merapihkan data. Data tanah, data harga, data proses proyek dan data2 perlu lainnya. Kebetulan saya orangnya tdk tlalu rajin soal administratif pak.
  2. Berhubung tanahnya di Medan, rencana saya adalah menyiapkan desain dan keperluan pra konstruksi lainnya di Jakarta, Lalu bekerja sama dnegan kontraktor setempat dan juga dengan agen properti setempat untuk melakukan proses penjualan. Jadi tidak saya jual sndiri. Karena saya belum kepikiran gmana caranya memanage penjualan dan proyek sekaligus dgn situasi diluar kota.

Baru itu dulu pertanyaan dari saya pak Aryo. Saya terima kasih sekali untuk kesediaan anda membaca dan memberikan pandangan anda. Sekali lagi selamat utk komunitasnya dan sukses terus pak.

Jawaban :

  1. Mungkin hampir semua pebisnis adalah bukan administrator yang baik. maka harus punya orang admisnistrasi. Kalau semua dikerjakan sendiri, tentunya kita bukan pebisnis, tapi self employee. Memperkerjakan diri sendiri. Padahal kemampuan kita tentu terbatas bukan? Open rekrutmen saja, pilih orang yang terbaik yang bisa menjadi adminstrator Anda. Atau coba istri Anda?
  2. Untuk pertama kali, saya sarankan benar-benar terjun menikmati “pertarungan”yang ada. Karena bila ditinggal-tinggal, energi Anda akan habis. Paling tidak Anda memahami alur bisnis ini. Kecuali anda punya orang kepercayaan yang memiliki kemampuan besar dalam bidang ini.
  3. Saran : post pertanyaan ini di milist, semoga teman-teman milist lainnya bisa memberikan jawaban yang lebih baik.

Comments

  1. Mau belajar bisnis property

Leave a Reply

Required fields are marked*