Tanya Jawab : Dapat Top Up 800Jt, Terus Bagaimana?

tanya jawab proeprti

Asswrwb. Mas saya tertarik terjun ke property. Permasalahannya saya kena imbas musibah sehingga punya hutang 700 jt dari 2 property yg diagunkan. Dari property yg 1 sisa hutang 200 jt saya bisa top up 1 m dg cara take over oleh bank lain. Saya dapat dana segar sekitar 800 jt. Tempo 5 thn. Apa saran terbaik mas aryo yg bisa saya lakukan dgn uang 800 jt utk bisnis property? Mengingat ini pertama kalinya saya terjun ke bisnis ini. Thks before.wasswrqb.

Jawab :

Karena Anda mendapat cash dari meleverage properti, saya mensarankan untuk tidak masuk ke bisnis properti lagi. Karena bisnis properti (broker, flipper, developer, investor) bukan bisnis yang mampu memberikan penghasilan rutin tapi memberikan penghasilan besar. Sedangkan leverage Anda dari properti menghasilkan liabilities setiap bulan selama 5 tahun. KECUALI saat ini Anda memiliki kemampuan untuk membayar liabilities walau tanpa bisnis baru.

Yang perlu dilakukan adalah :

  1. Mengamankan cicilan selama 1 tahun. (Lebih lama lebih bagus). Nilai 800jt tentu saja tidak Anda gelontorkan semua ke bisnis. Simpan sebagian untuk cicilan hutang selama 1 tahun. (20jt x 12 = 240jt).
  2. Cari bisnis yang menghasilkan cashflow lebih dari 20 juta setiap bulan. Karena liabilities Anda kurang lebih 20 jt. Kalau bisnis Anda menghasilkan hanya 20 juta, maka Anda “bakbuk” saja alias impas. Misalkan saja 25 juta/bulan maka Anda gelontorkan modal misalkan saja 500jt.
  3. Maka sisa 60 juta bisa Anda gunakan untuk membeli emas atau properti sebagai alat untuk menghedge investasi Anda.

PERINGATAN : Jangan baca angka-angkanya, namun baca konsepnya. Angka sangat bisa berubah. Dan bisnis adalah mengandung RESIKO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *